Mahardika, Muhammad Rafif (2025) PERANCANGAN GAME “LOST MIND” SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL PENGARUH NARKOBA DAN ALKOHOL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.PDF Restricted to Registered users only Download (381kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1283.zip Restricted to Repository staff only Download (41MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) |
Abstract
Narkoba dan Alkohol memiliki dampak negatif terhadap moralitas dan mortalitas masyarakat Indonesia. Menurut data yang diperoleh dari Pusiknas Bareskrim Polri terdapat 33.924 kasus Narkoba yang ditangani dari bulan Januari sampai September tahun 2024 di Indonesia. Sedangkan data pengonsumsian Alkohol yang dikeluarkan oleh platform pengumpulan data “Statista” mengungkapkan bahwa tingkat pengonsumsian alkohol di Indonesia sebesar 0,11 liter per kapita. Dampak dari kedua zat tersebut jika dikonsumsi berlebihan adalah gangguan pada sistem saraf dan psikologi pada individu. Pada Penelitian ini, penulis menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dalam perancangan game, metode ini diimplementasikan sebagai kerangka kerja dengan langkah-langkah seperti inisialisasi, pra-produksi, produksi, pengujian, dan perilisan. Metode GDLC diharapkan mampu memenuhi tingkat efisiensi dalam tahap produksi dan kualitas dari game telah sesuai dengan yang ditentukan. Dalam perancangan game digunakan Unity 2D sebagai game engine. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat berkontribusi menurunkan angka kasus narkoba dan alkohol dengan merancang sebuah Game bergenre action shoot ‘em up yang dapat dijadikan sebagai salah satu media penyampaian pesan moral atas dampak dari narkoba dan alkohol kepada masyarakat. Hasil dari penelitian ini mendapatkan skor 96,56% % dengan kategori sangat sesuai oleh umum.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Pesan Moral, Narkoba, Alkohol, GDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:37 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2025 01:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |