PERANCANGAN GAME “LOST MIND” SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL PENGARUH NARKOBA DAN ALKOHOL

Mahardika, Muhammad Rafif (2025) PERANCANGAN GAME “LOST MIND” SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL PENGARUH NARKOBA DAN ALKOHOL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.PDF
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1283.zip
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Narkoba dan Alkohol memiliki dampak negatif terhadap moralitas dan mortalitas masyarakat Indonesia. Menurut data yang diperoleh dari Pusiknas Bareskrim Polri terdapat 33.924 kasus Narkoba yang ditangani dari bulan Januari sampai September tahun 2024 di Indonesia. Sedangkan data pengonsumsian Alkohol yang dikeluarkan oleh platform pengumpulan data “Statista” mengungkapkan bahwa tingkat pengonsumsian alkohol di Indonesia sebesar 0,11 liter per kapita. Dampak dari kedua zat tersebut jika dikonsumsi berlebihan adalah gangguan pada sistem saraf dan psikologi pada individu. Pada Penelitian ini, penulis menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dalam perancangan game, metode ini diimplementasikan sebagai kerangka kerja dengan langkah-langkah seperti inisialisasi, pra-produksi, produksi, pengujian, dan perilisan. Metode GDLC diharapkan mampu memenuhi tingkat efisiensi dalam tahap produksi dan kualitas dari game telah sesuai dengan yang ditentukan. Dalam perancangan game digunakan Unity 2D sebagai game engine. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat berkontribusi menurunkan angka kasus narkoba dan alkohol dengan merancang sebuah Game bergenre action shoot ‘em up yang dapat dijadikan sebagai salah satu media penyampaian pesan moral atas dampak dari narkoba dan alkohol kepada masyarakat. Hasil dari penelitian ini mendapatkan skor 96,56% % dengan kategori sangat sesuai oleh umum.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Firmansyah, Rokhmatullah Batik
Uncontrolled Keywords: Game, Pesan Moral, Narkoba, Alkohol, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2025 01:37
Last Modified: 24 Apr 2025 01:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29634

Actions (login required)

View Item View Item