{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK POSE TO POSE ADEGAN BERTARUNG PADA FILM ANIMASI 2D "ASH THE HERO OF THE WORLD"

Daniel, Daniel (2025) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK POSE TO POSE ADEGAN BERTARUNG PADA FILM ANIMASI 2D "ASH THE HERO OF THE WORLD". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1276.zip
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Kualitas industri animasi saat ini tidak perlu diragukan lagi akan hasilnya. Dapat dilihat jika kualitas / grafik sebuah animasi saat ini sudah berbeda dengan kualitas sebelum teknologi sudah berkembang dengan pesat seperti sekarang. Sehingga sangat membantu industri animasi dalam proses pembuatan animasi 2D menjadi lebih mudah. Animasi 2D merupakan susunan gambar yang dibuat satu persatu guna membuat gambar tersebut dapat bergerak dan dinikmati. Supaya pergerakan animasi tersebut dapat bergerak secara halus tanpa patah-patah. Digunakanlah sebuah Teknik Bernama pose to pose. Dalam menggunakan Teknik ini, diperlukan sebuah fitur yang Bernama onion skin. Fitur ini ditujukan untuk mendukung / membantu animator untuk menjaga kekonsistenan sebuah Gerakan animasi dari pose awal hingga akhir. Teknik ini dapat dikatakan membantu animator dapat bekerja dengan cepat dan efisien dan mengurangi jumlah waktu yang banyak. Film animasi 2D “ASH THE HERO OF THE WORLD” menggunakan teknik pose to pose dalam pembuatannya. Yaitu dengan cara membuat pose awal dan akhir pada setiap adegan. Selanjutnya animator akan menggambar pergerakan setelah pose awal untuk mengisi kekosongan antar pose yang disebut in between. Istilah tersebut bertujuan untuk menghaluskan sebuah adegan agar berjalan dengan mulus. Sehingga diharapkan untuk pembaca dapat memahami dan menjadikan karya tulis ini sebagai sebuah pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: 2D, Animasi 2D, In Between, Onion Skin, Grafik
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2025 01:30
Last Modified: 24 Apr 2025 01:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29633

Actions (login required)

View Item View Item