PENGEMBANGAN ENVIRONMENT 3D PADA GAME ADVENTURE HORROR 3D “THE CONTAINMENT” MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Rahman, Annas Aulia (2024) PENGEMBANGAN ENVIRONMENT 3D PADA GAME ADVENTURE HORROR 3D “THE CONTAINMENT” MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1252.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dari tahun ke tahun khususnya multimedia sangatlah pesat salah satunya di bidang teknologi citra tiga dimensi (3D) dan game. Pemodelan 3D adalah proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan objek tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus, dan produk yang dihasilkan bernama model 3D. Di masa ini aset berupa model 3D sudah sangat sering dijumpai pada game. Game adventure horror 3D “The Containment” mempunyai environment 3D yang dibuat menggunakan software Blender. Environment 3D pada game adventure horror 3D “The Containment” memiliki tema masa depan dengan nuansa gelap untuk menggambarkan kesan horror. Metode dalam pengembangan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Didalam proses pembuatannya environment akan terlebih dahulu dibuatkan concept art dalam bentuk 2D yang kemudian akan dilanjutkan ke dalam proses modeling pada software Blender. Pemberian material dan tekstur dilakukan setelahnya menggunakan UV Editor dan Shader Editor pada software Blender. Proses Pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan aset berupa model 3D yang digunakan sebagai environment pada game adventure horror 3D “The Containment”. Hasil akhir dari penelitian ini berupa model 3D yang telah diuji oleh para ahli di bidang 3D dan Game berkaitan dengan teknik 3D modeling dan shading serta memperoleh skor persentase sebesar 92% dengan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: 3D, Pemodelan 3D, Model 3D, Lingkungan, Permainan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2025 01:19
Last Modified: 24 Apr 2025 01:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29631

Actions (login required)

View Item View Item