Surya, Brilliant Reynanda (2025) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI EFEK VISUAL PADA FILM PENDEK “MAKRO”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1244.zip Restricted to Repository staff only Download (64MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
Abstract
Perkembangan multimedia teknologi visual efek (VFX) telah memberikan pengaruh besar terhadap industri perfilman, khususnya dalam cara film bercerita dan bagaimana penonton menikmati sebuah film. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri evolusi teknologi VFX, mulai dari efek praktis hingga penggunaan digital dan CGI (Computer Generated Imagery) yang semakin dominan. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan teknik efek visual menjadi salah satu keterampilan penting untuk dipelajari di era saat ini. Penulis telah membuat sebuah film pendek berjudul "MAKRO," yang terinspirasi dari film dan animasi seperti Tower of God dan The Hunger Games. Berdasarkan inspirasi tersebut, penulis memutuskan untuk membuat film pendek bergenre aksi dan permainan berjudul "MAKRO," yang dilengkapi dengan tambahan efek visual untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi penonton. Metode yang digunakan adalah integrasi aksi langsung pengambilan gambar di luar ruangan (outdoor) dan dengan greenscreen di dalam ruangan (indoor), kemudian digabungkan dengan aset efek visual untuk menciptakan adegan yang tidak mungkin dilakukan didunia nyata. Beberapa asset visual yang akan digunakan antara lain asap, ledakan, tengkorak, 3d ruangan, partikel langit, cahaya . Video film pendek dengan efek visual dapat menjadi inovasi baru dalam media penyampaian informasi yang dikemas dengan hiburan. Konsep dari film ini adalah gambaran tentang pengalaman seseorang yang terjebak di dalam dunia permainan. Film ini akan dipamerkan pada pameran gelar karya mahasiswa tahun 2024 dan diangkat menjadi skripsi, dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat atau sekadar menjadi hiburan semata.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Film, Efek Visual, Greenscreen, Makro | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:57 | ||
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |