Firdaus, Firauza Alif (2025) IMPLEMENTASI UNITY TIMELINE DALAM PEMBUATAN CUTSCENE PADA GAME REN7 MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0455.zip Restricted to Repository staff only Download (72MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam sebuah game terutama dalam game yang terdapat cerita didalamnya, banyak ditemui cuplikan animasi atau dialog antara karakter yang disebut dengan cutscene. Di dalam Unity, terdapat fitur yang dapat digunakan untuk membuat cutscene dinamakan Timeline. Timeline adalah fitur bawaan dari Unity yang dapat digunakan untuk membuat cutscene yang muncul ketika bermain game. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan timeline dalam pembuatan sebuah cutscene di dalam game. Pembuatan cutscene dengan unity timeline dapat menggunakan custom scripts agar timeline berfungsi sesuai dengan tujuannya atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur lain seperti cinemachine. Cinemachine adalah plugin unity yang berfungsi sebagai addon kamera dimana berbagai fitur yang tersedia dapat memudahkan pembuatan game secara keseluruhan dalam pengaturan kamera dan pembuatan cutscene dalam timeline. Metode yang digunakan dalam pengembangan game ren7 adalah Game Development Life Cycle (GDLC). GDLC meliputi 6 fase pengembangan yang dimulai dari fase inisialisasi, pra-produksi, produksi, testing, beta testing, dan perilisan. Cutscene yang akan dibuat berupa cutscene prolog game ren7 yang menceritakan awal mula cerita dalam game. Hasil pengujian black box testing disimpulkan bahwa kebutuhan fungsional game Ren7 dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Hasil pengujian beta terkait aspek visual, naratif, teknis, audio, dan kepuasan pemain dari cutscene menurut kriteria penilaian termasuk dalam kategori “Baik”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Cutscene, Game, Unity, Timeline, Cinemachine | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:30 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |