Putri, Yolla Chantika (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DEA MODIS DALAM MEMPERKENALKAN BRAND IMAGE BATIK MODERN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (940kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (660kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Dea Modis dalam memperkenalkan brand image batik modern. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana elemen komunikasi pemasaran, termasuk periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, dan word of mouth, berkontribusi dalam membangun citra merek yang kuat. Pendekatan penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode kualitatif deskriptif serta studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen menggunakan teknik triangulasi data sumber. Hasil penelitian menunjukkan Dea Modis memanfaatkan periklanan digital, untuk meningkatkan brand salience dan menjangkau target pasar utama, yakni generasi muda. Strategi promosi penjualan, seperti diskon musiman, berhasil meningkatkan minat beli dan brand response pelanggan. Partisipasi dalam pameran dan workshop batik berperan membangun hubungan emosional dengan konsumen, memperkuat brand meaning. Program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mendukung brand imagery melalui citra keberlanjutan dan kepedulian sosial. Pemasaran langsung di butik fisik memberikan pengalaman personal bagi pelanggan, sementara pemasaran interaktif melalui fitur live shopping memperkuat keterlibatan konsumen. Word of mouth yang diperkuat dengan program loyalitas pelanggan turut meningkatkan daya saing merek. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi komunikasi pemasaran batik modern dengan mengkaji secara lebih luas delapan elemen marketing mix. Rekomendasi praktis mencakup optimalisasi media sosial melalui viral marketing, implementasi CRM dan Point Reward, serta penyelenggaraan lomba batik jumputan guna memperkuat keterlibatan komunitas. Dengan demikian, Dea Modis dapat mempertahankan daya saingnya sebagai pelopor batik modern yang menghubungkan tradisi dengan inovasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Dea Modis, Marketing Communication Mix, Batik Modern, Brand Image | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:22 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |