Fauzah, Marfuatun Tri (2025) {SKEMA AUDIO VISUAL CONTENT CREATOR} IMPLEMENTASI FORMULA COPYWRITING PAS DALAM KAMPANYE PENCEGAHAN STUNTING MELALUI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT "GIZI SEIMBANG, MASA DEPAN CEMERLANG". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (940kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas peran copywriting dalam pembuatan iklan layanan masyarakat dengan menerapkan formula copywriting PAS (Problem, Agitation, Solution) serta menganalisis formula PAS pada pesan ILM menggunakan Elaboration Likelihood Model (ELM). Fokus penelitian ini adalah bagaimana penulisan naskah yang tepat dapat meningkatkan daya tarik pesan dalam iklan yang bertujuan untuk kampanye pencegahan stunting. Penelitian ini menggunakan survei untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ketertarikan audiens terhadap iklan layanan masyarakat. Hasilnya menunjukkan bahwa pesan yang jelas, relevan, dan berbasis edukasi menjadi elemen utama yang membuat iklan lebih efektif. Temuan ini selaras dengan teori ELM, untuk membuat audiens dapat menerima pesan melalui jalur sentral dengan informasi yang kuat, serta jalur perifer dengan elemen visual dan narasi yang menarik. Selama proses produksi, tim menghadapi kendala dalam memahami konsep stunting secara akurat, sehingga diperlukan revisi pada naskah agar lebih sesuai dengan fakta ilmiah. Penyesuaian dilakukan dengan menyusun ulang alur cerita tanpa mengubah talent yang telah dipilih. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa copywriting memainkan peran penting dalam membangun pesan persuasif. Penggunaan formula PAS membantu menyusun narasi yang lebih menarik, sementara ELM memastikan pesan diterima oleh audiens dengan lebih efektif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Copywriting, Iklan Layanan Masyarakat, Elaboration Likelihood Model, Copywriting PAS, Stunting | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:24 | ||
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |