Ariyono, Muhammad Pandu (2025) GAME PILAH SAMPAH "PLANET HIJAU" BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA EDUKASI BANK SAMPAH APEL CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1985.zip Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Minimnya edukasi tentang pengelolaan sampah menyebabkan rendahnya kesadaran masyarakat dalam memilah sampah. Bank Sampah Apel Condongcatur berupaya mengatasi masalah ini, tetapi masih menghadapi kendala dalam partisipasi masyarakat dan kurangnya sarana edukasi yang menarik. Untuk itu, dikembangkan Pilah Sampah: Planet Hijau, sebuah game edukasi berbasis Android yang bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam memilah sampah organik dan nonorganik secara interaktif dan menyenangkan. Game ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game ini efektif dalam meningkatkan kesadaran pengguna terhadap pemilahan sampah. Responden memberikan tanggapan positif terhadap aspek visual, navigasi, dan materi edukasi dalam game. Dengan demikian, Pilah Sampah: Planet Hijau berpotensi menjadi media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Pemilahan Sampah, Kesadaran Lingkungan, Android, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:12 | ||
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |