GAME PILAH SAMPAH "PLANET HIJAU" BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA EDUKASI BANK SAMPAH APEL CONDONGCATUR

Ariyono, Muhammad Pandu (2025) GAME PILAH SAMPAH "PLANET HIJAU" BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA EDUKASI BANK SAMPAH APEL CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1985.zip
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Minimnya edukasi tentang pengelolaan sampah menyebabkan rendahnya kesadaran masyarakat dalam memilah sampah. Bank Sampah Apel Condongcatur berupaya mengatasi masalah ini, tetapi masih menghadapi kendala dalam partisipasi masyarakat dan kurangnya sarana edukasi yang menarik. Untuk itu, dikembangkan Pilah Sampah: Planet Hijau, sebuah game edukasi berbasis Android yang bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam memilah sampah organik dan nonorganik secara interaktif dan menyenangkan. Game ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game ini efektif dalam meningkatkan kesadaran pengguna terhadap pemilahan sampah. Responden memberikan tanggapan positif terhadap aspek visual, navigasi, dan materi edukasi dalam game. Dengan demikian, Pilah Sampah: Planet Hijau berpotensi menjadi media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pemilahan Sampah, Kesadaran Lingkungan, Android, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:12
Last Modified: 21 Apr 2025 07:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item View Item