PERANCANGAN GAME AUGMENTED REALITY "SAFARI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TK PERTIWI CATURHARJO

Baihaqy, Muhammad Mirsa (2025) PERANCANGAN GAME AUGMENTED REALITY "SAFARI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TK PERTIWI CATURHARJO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1938.zip
Restricted to Repository staff only

Download (147MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Teknologi di masa kini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, saat ini teknologi bukan hanya sebagai sarana hiburan semata namun juga menjadi sarana edukasi dan pembelajaran khususnya di dunia pendidikan. Di Indonesia sendiri penggunaan teknologi dibidang pendidikan masih sangat minim. Bukti dari kurangnya keterlibatan teknologi pada dunia pendidikan terjadi pada TK Pertiwi Caturharjo, diantaranya proses pembelajaran yang terjadi di TK Pertiwi Caturharjo masih menggunakan metode konvensional dalam pemberian materi pengenalan hewan kepada peserta didik yang berada disana. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini membahas tentang perancangan Game Augmented Reality (AR) menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang dapat membantu proses belajar peserta didik dan juga menambah antusias dalam proses belajar pengenalan hewan pada TK Pertiwi Caturharjo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya media pembelajaran interaktif pengenalan hewan (Safari) yang mudah dipahami oleh peserta didik, guru pada TK Pertiwi Caturharjo, dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran hewan dikemudian hari.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wardhana, Raditya
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, MDLC, Teknologi, Pendidikan, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:56
Last Modified: 21 Apr 2025 06:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29540

Actions (login required)

View Item View Item