Baihaqy, Muhammad Mirsa (2025) PERANCANGAN GAME AUGMENTED REALITY "SAFARI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TK PERTIWI CATURHARJO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1938.zip Restricted to Repository staff only Download (147MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
Abstract
Teknologi di masa kini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, saat ini teknologi bukan hanya sebagai sarana hiburan semata namun juga menjadi sarana edukasi dan pembelajaran khususnya di dunia pendidikan. Di Indonesia sendiri penggunaan teknologi dibidang pendidikan masih sangat minim. Bukti dari kurangnya keterlibatan teknologi pada dunia pendidikan terjadi pada TK Pertiwi Caturharjo, diantaranya proses pembelajaran yang terjadi di TK Pertiwi Caturharjo masih menggunakan metode konvensional dalam pemberian materi pengenalan hewan kepada peserta didik yang berada disana. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini membahas tentang perancangan Game Augmented Reality (AR) menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang dapat membantu proses belajar peserta didik dan juga menambah antusias dalam proses belajar pengenalan hewan pada TK Pertiwi Caturharjo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya media pembelajaran interaktif pengenalan hewan (Safari) yang mudah dipahami oleh peserta didik, guru pada TK Pertiwi Caturharjo, dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran hewan dikemudian hari.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, MDLC, Teknologi, Pendidikan, Game | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 06:56 | ||
Last Modified: | 21 Apr 2025 06:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |