IMPLEMENTASI MARKER-BASED TRACKING PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN BUAH DAN SAYUR BERDASARKAN WARNA

Firsal, Nabil Makarim (2025) IMPLEMENTASI MARKER-BASED TRACKING PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN BUAH DAN SAYUR BERDASARKAN WARNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1231.zip
Restricted to Repository staff only

Download (258MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang pada TK Sari Asih III masih menggunakan gambar, buku, atau kertas yang sederhana dan masih belum menggunakan media pembelajaran melalui aplikasi sebagai media pendukung pembelajaran terutama dalam materi pembelajaran mengenai buah dan sayur. Tujuan penelitian ini untuk merancang media pendukung pembelajaran mengenai pengenalan buah dan sayur pada TK Sari Asih III yang menarik yang mampu menampilkan objek buah dan sayur menggunakan teknologi marker-based tracking augmented reality berbasis android. Metode pada penelitian ini dimulai dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara lalu dilanjutkan dengan analisis identifikasi masalah pada TK Sari Asih III, dilanjutkan dengan metode Model Development Life Cycle (MDLC) sebagai metode dalam Pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR) yang melibatkan penggunaan VuforiaSDK dan Unity. Vuforia digunakan untuk membangun database marker yang menjadi penanda bagi setiap objek 3D yang akan ditampilkan, sementara Unity digunakan untuk mengintegrasikan semua komponen yang telah dibuat, yang kemudian diekspor menjadi aplikasi AR dalam format apk yang dapat diinstal pada perangkat Android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Buah dan Sayuran, Marker-Based, VuforiaSDK
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Apr 2025 04:42
Last Modified: 21 Apr 2025 04:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29520

Actions (login required)

View Item View Item