Firsal, Nabil Makarim (2025) IMPLEMENTASI MARKER-BASED TRACKING PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN BUAH DAN SAYUR BERDASARKAN WARNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1231.zip Restricted to Repository staff only Download (258MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang pada TK Sari Asih III masih menggunakan gambar, buku, atau kertas yang sederhana dan masih belum menggunakan media pembelajaran melalui aplikasi sebagai media pendukung pembelajaran terutama dalam materi pembelajaran mengenai buah dan sayur. Tujuan penelitian ini untuk merancang media pendukung pembelajaran mengenai pengenalan buah dan sayur pada TK Sari Asih III yang menarik yang mampu menampilkan objek buah dan sayur menggunakan teknologi marker-based tracking augmented reality berbasis android. Metode pada penelitian ini dimulai dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara lalu dilanjutkan dengan analisis identifikasi masalah pada TK Sari Asih III, dilanjutkan dengan metode Model Development Life Cycle (MDLC) sebagai metode dalam Pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR) yang melibatkan penggunaan VuforiaSDK dan Unity. Vuforia digunakan untuk membangun database marker yang menjadi penanda bagi setiap objek 3D yang akan ditampilkan, sementara Unity digunakan untuk mengintegrasikan semua komponen yang telah dibuat, yang kemudian diekspor menjadi aplikasi AR dalam format apk yang dapat diinstal pada perangkat Android.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Buah dan Sayuran, Marker-Based, VuforiaSDK | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:42 | ||
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |