Wilistya, Muhammad Raihan Hilmy (2025) INTERPRETASI BUDAYA MINUM KOPI DI COFFEE SHOP COUVEE SEBAGAI GAYA HIDUP GEN Z DI YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis interpretasi budaya minum kopi di Coffee Shop Couvée sebagai bagian dari gaya hidup Gen Z di Yogyakarta dengan menggunakan teori identitas sosial Henri Tajfel. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami makna dan interpretasi budaya minum kopi di coffee shop couvée yang dijalani oleh individu-individu Gen Z di Yogyakarta, serta menggali alasan dan pandangan mereka terhadap kebiasaan minum kopi sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori identitas sosial, dan data diperoleh melalui wawancara mendalam serta observasi terhadap pelanggan couvée. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga komponen utama yang mempengaruhi budaya minum kopi yaitu (1) klasifikasi sosial (2) identifikasi sosial (3) perbandingan sosial. Dari faktor tersebut munculah tiga komponen utama yaitu: (1) perubahan status budaya ngopi, yang mana awalnya budaya minum kopi adalah kebutuhan tersier namun sekarang beralih menjadi kebutuhan primer (2) peran coffee shop dalam Identitas Gen Z, bukan hanya sebagai tempat menikmati kopi tetapi juga sebagai wadah kreatif yang mendukung ekspresi diri dan eksplorasi jati diri (3) peran minum kopi dalam membangun hubungan sosial, tetapi juga memiliki peran penting dalam membangun hubungan sosial. Tradisi ini menciptakan ruang bagi individu untuk berinteraksi, berbagi cerita, dan mempererat relasi, baik dalam lingkup pertemanan, keluarga, maupun profesional. Komponen-komponen tersebut mencerminkan interpretasi budaya minum kopi oleh Gen Z di Yogyakarta. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana coffee shop menjadi ruang penting bagi Gen Z dalam menjalankan kegiatan sehari-hari yang mendukung gaya hidup mereka.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Budaya Minum Kopi, Coffee Shop, Gen Z, Gaya Hidup, Identitas | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:29 | ||
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |