STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON DPRD INCUMBENT DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI DESKRIPTIF CALON INCUMBENT RURY TYAS PRAMURI, S.E)

Ilyas, Muhammad Wahyu (2025) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON DPRD INCUMBENT DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI DESKRIPTIF CALON INCUMBENT RURY TYAS PRAMURI, S.E). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)

Abstract

Pemilihan umum merupakan momen penting bagi calon legislatif, termasuk DPRD incumbent untuk mempertahankan posisi. Strategi komunikasi politik menjadi faktor kunci dalam menarik dukungan. Penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi politik calon incumbent pada Pemilu 2024 di Kabupaten Sleman, dengan studi kasus pada Rury Tyas Pramuri, S.E. Fokusnya adalah komunikasi langsung dengan masyarakat, menekankan pencapaian selama menjabat, serta tantangan dalam persaingan politik. Penelitian ini berlandaskan pada teori retorika (ethos, pathos, logos), strategi komunikasi politik (sumber, komunikator, pesan, media, komunikan, efek), dan konsep komunikasi politik (ketokohan, kelembagaan, membangun konsensus). Menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik calon incumbent adalah komunikasi langsung dengan masyarakat tanpa media sosial, serta penyampaian pencapaian selama menjabat untuk membangun kepercayaan publik. Tantangan utama adalah persaingan ketat dengan calon lain. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi langsung efektif membangun hubungan dengan pemilih, meskipun menghadapi hambatan kompetisi politik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Politik, Incumbent, Pemilhan Umum
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:17
Last Modified: 17 Apr 2025 07:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29505

Actions (login required)

View Item View Item