Muammar, Mahfuuzh Naufal (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “LINGKUNGANKU” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN LINGKUNGAN DI TK IT AN-NUR NOGOSARI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3706.zip Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
Abstract
Kepedulian terhadap lingkungan harus diajarkan sejak dini,seperti pada UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolan lingkungan hidup pasal 6 ayat 2 menjelaskan bahwa salah satu hak masyarakat adalah mendapatkan Pendidikan Lingkungan Hidup. Berdasarkan wawancara yang dilakukan di TK IT AN-NUR Nogosari, dalam wawancara pada tanggal 24 September 2024 dengan kepala sekolah, Ibu Anisa Hesti utami menjelaskan minat anak jika media pembelajaran menggunakan media cetak pada kertas berkurang karena adanya pengaruh perkembangan teknologi sehingga minat anak beralih kepada proyeksi visual atau langsung mempraktekan di luar ruangan. Secara garis besar media pembelajaran dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu: media visual, audio dan audio-visual.Banyak metode yang dapat diterapkan dalam penanganan masalah penelitian ini jika mengacu pada pembagian media pembelajaran secara garis besar diatas antara lain media visual dengan Papan sumber daya alam. Pada media audio visual dapat diterapkan dalam sebuah game yang merupakan sebuah media digital sehingga pembelajaran dapat memberikan Kesan menarik dan mendapat respon positif dari peserta didik. Maka dari itu diperlukan sebuah media interaktif yang dapat digunakan kapan saja, menarik serta dapat memudahkan bagi pemahaman anak dengan menerapkannya dalam sebuah game, dengan game ini diharapkan membantu meningkatkan minat anak dalam belajar sehingga materi dapat tersampaikan dengan efektif. Game edukasi lingkungan “Lingkunganku” memperoleh hasil dengan persentase 92,5 % setelah dilakukannya pengujian dan menyebarkan kuisioner kepada objek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk membangun sifat kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan pada anak usia dini penerapan media interaktif yang dilakukan oleh peneliti yang memanfaatkan teknologi dan media audio visual membuat materi yang disampaikan dapat diterima dan antusiasme anak untuk mencoba meningkat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Game, Anak, Lingkungan, Media | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:26 | ||
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |