ANALISIS SENTIMEN OPINI PENGGUNA TWITTER TERHADAP APLIKASI KAI ACCESS DENGAN METODE BERT

Agalista, Seli (2025) ANALISIS SENTIMEN OPINI PENGGUNA TWITTER TERHADAP APLIKASI KAI ACCESS DENGAN METODE BERT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3525.zip
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

Di era digital, media sosial menjadi platform utama masyarakat untuk menyampaikan pendapat, termasuk mengenai aplikasi seperti KAI Access. Aplikasi ini merupakan layanan resmi PT Kereta Api Indonesia untuk mempermudah pengguna dalam membeli tiket dan mendapatkan informasi terkait perjalanan kereta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen opini masyarakat terhadap aplikasi KAI Access yang disampaikan melalui platform X (Twitter). Model BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) digunakan untuk klasifikasi sentimen karena kemampuannya memahami konteks bahasa secara dua arah. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan 12.477 tweet selama November 2023 hingga April 2024 menggunakan teknik crawling data. Setelah melalui proses preprocessing, termasuk case folding, cleaning, normalisasi, dan tokenisasi, data dibagi menjadi 8.511 data berbahasa Indonesia dan dianalisis menggunakan model Multilingual BERT yang dioptimasi. Model ini dilatih dengan hyperparameter learning rate 2e-5, batch size 16, dan 5 epoch, serta dievaluasi menggunakan metrik seperti akurasi, precision, recall, dan F1-score. Hasil penelitian menunjukkan akurasi model mencapai 90% pada set validasi dan pengujian. Analisis sentimen mengungkapkan bahwa sebagian besar opini pengguna terhadap aplikasi KAI Access bersifat positif (51,6%) dibandingkan negatif (48,4%). Studi ini membuktikan efektivitas Multilingual BERT dalam memahami dan mengklasifikasikan sentimen berbahasa Indonesia, termasuk variasi informal dan slang. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengembang untuk meningkatkan kualitas layanan aplikasi KAI Access.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Dhuhita, Windha Mega Pradnya
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, KAI Access, Twitter, BERT, Multilingual BERT
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:05
Last Modified: 16 Apr 2025 07:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29449

Actions (login required)

View Item View Item