PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN TEKNIK AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK SD MIPITAN KELAS 2

Marjadi, Danang Dwi (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN TEKNIK AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK SD MIPITAN KELAS 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1828.zip
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bangun ruang adalah objek tiga dimensi yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Pemahaman tentang bangun ruang penting untuk memahami konsep geometri dalam tiga dimensi. Materi pembelajaran tentang bangun ruang bisa mencakup definisi, sifat-sifal, rumusrumus, dan contoh-contoh bangun ruang, Seperti kubus, persegi panjang, tabung, lingkaran. Pembelajaran mengenai bangun ruang dapat meliputi pengenalan bentuk, pengukuran, perhitungan volume, dan perhitungan luas permukaan. Selain itu. bisa juga termasuk dalam pembelajaran mengenai transformasi geometri, pemetaan, dan aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk memberikan contoh nyata dan latihan yang bervariasi untuk membantu siswa memahami dan menguasai konsep ini dengan baik. Berdasarkan uraian diatas. peneliti mengangkat judul Perancangan media pembelajaran bangun ruang dengan teknik augmented reality untuk anak SD mipitan kelas 2". Di dalam aplikasi AR untuk membantu pembelajaran bangun ruang seperti kubus. persegi panjang, tabung, lingkaran yang ada di buku pelajaran yang di kemas dalam bentuk animasi 3D. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi menggunakan metode yaitu Analisis, Desain, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) maka diperoleh aplikasi AR untuk membantu pembelajaran mengenai bentuk-bentuk bangun ruang. Dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan minat belajar bagi siswa Sekolah Dasar dalam mengenal bentuk-bentuk bangun ruang dengan menggunakan augmented. realitiy

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Animasi 3D, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Apr 2025 07:07
Last Modified: 11 Apr 2025 07:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29307

Actions (login required)

View Item View Item