Marjadi, Danang Dwi (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN TEKNIK AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK SD MIPITAN KELAS 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1828.zip Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bangun ruang adalah objek tiga dimensi yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Pemahaman tentang bangun ruang penting untuk memahami konsep geometri dalam tiga dimensi. Materi pembelajaran tentang bangun ruang bisa mencakup definisi, sifat-sifal, rumusrumus, dan contoh-contoh bangun ruang, Seperti kubus, persegi panjang, tabung, lingkaran. Pembelajaran mengenai bangun ruang dapat meliputi pengenalan bentuk, pengukuran, perhitungan volume, dan perhitungan luas permukaan. Selain itu. bisa juga termasuk dalam pembelajaran mengenai transformasi geometri, pemetaan, dan aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk memberikan contoh nyata dan latihan yang bervariasi untuk membantu siswa memahami dan menguasai konsep ini dengan baik. Berdasarkan uraian diatas. peneliti mengangkat judul Perancangan media pembelajaran bangun ruang dengan teknik augmented reality untuk anak SD mipitan kelas 2". Di dalam aplikasi AR untuk membantu pembelajaran bangun ruang seperti kubus. persegi panjang, tabung, lingkaran yang ada di buku pelajaran yang di kemas dalam bentuk animasi 3D. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi menggunakan metode yaitu Analisis, Desain, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) maka diperoleh aplikasi AR untuk membantu pembelajaran mengenai bentuk-bentuk bangun ruang. Dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan minat belajar bagi siswa Sekolah Dasar dalam mengenal bentuk-bentuk bangun ruang dengan menggunakan augmented. realitiy
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Animasi 3D, Android | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Apr 2025 07:07 | ||
Last Modified: | 11 Apr 2025 07:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |