{JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN ANIMASI SCENE VARIASI IKAN AREA KARANG DI LAUT PADA FILM ANIMASI 3D "REEF TALE"

Prakosa, Restu Adji (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN ANIMASI SCENE VARIASI IKAN AREA KARANG DI LAUT PADA FILM ANIMASI 3D "REEF TALE". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1303.zip
Restricted to Repository staff only

Download (245MB)

Abstract

Film animasi 3D memberikan peluang besar untuk menyajikan visualisasi yang memukau dan mendalam, khususnya dalam merepresentasikan ekosistem laut yang penuh warna dan dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk membahas teknik animasi menggunakan curve di Blender dalam pembuatan adegan variasi ikan pada area karang di film animasi "Reef Tale." Fokus utama penelitian adalah bagaimana penggunaan curve dapat meningkatkan efisiensi dan realisme gerakan ikan yang melintasi area karang kompleks. Metode yang digunakan meliputi pembuatan jalur renang ikan dengan Bezier curve , penerapan Follow Path Modifier untuk mengontrol gerakan ikan, serta integrasi dengan elemen visual lainnya seperti struktur karang dan pencahayaan bawah laut. Penelitian ini juga menganalisis dampak penggunaan curve terhadap variasi gerakan ikan, konsistensi animasi, dan estetika visual secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik animasi menggunakan curve tidak hanya efektif dalam menciptakan gerakan ikan yang realistis dan alami, tetapi juga mempermudah proses animasi dalam lingkungan yang kompleks seperti area karang. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teknik animasi 3D yang efisien sekaligus menjadi referensi bagi kreator animasi dengan tema lingkungan laut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Blender, Curve, Gerakan Ikan, Modifier
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Apr 2025 01:49
Last Modified: 11 Apr 2025 01:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29283

Actions (login required)

View Item View Item