ANALISIS IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Ardianto, Mahmuddin Faqih (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1399.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi penerapan teknologi Augmented Reality (AR) pada aplikasi Android sebagai media pembelajaran interaktif. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), AR muncul sebagai inovasi yang signifikan, khususnya dalam bidang pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah menilai kesiapan infrastruktur teknologi di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan untuk mendukung AR, serta mengukur dampaknya terhadap interaktivitas dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan proses dan hasil implementasi AR. Proses pengembangan aplikasi AR dalam penelitian ini melalui tiga tahap utama: komunikasi, pengembangan (quick plan, build, dan revise), dan test drive. Hasil akhirnya adalah sebuah aplikasi pembelajaran tentang tata surya dalam format .apk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi AR ini dinilai sangat layak dengan skor rata-rata 84% dari ahli materi dan 83% dari pengguna. Hal ini menunjukkan potensi besar AR dalam meningkatkan kualitas pembelajaran interaktif di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Slameto, Andika Agus
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality (AR), Aplikasi Android, Pembelajaran Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:15
Last Modified: 10 Apr 2025 06:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item View Item