Yuda, I Kadek Wibisana Wraspati (2025) EVALUASI MOTION CONTROL PADA GAME RAKSHAKA MENGGUNAKAN HAND TRACKING BERBASIS PYTHON. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (162kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2029.zip Restricted to Repository staff only Download (2kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dan mengembangkan fitur hand tracking pada aplikasi Rakshaka: Pelindung Alam dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelestarian lingkungan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa dalam materi pelestarian lingkungan, yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan kepedulian mereka terhadap isu-isu lingkungan. Implementasi teknologi hand tracking diharapkan dapat mengatasi masalah ini dengan membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Python dengan interpreter MediaPipe untuk implementasi fitur hand tracking. Langkah-langkah penelitian mencakup analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem, pengembangan fitur hand tracking, serta pengujian fungsionalitas dan usability aplikasi. Pengujian dilakukan untuk memastikan bahwa fitur yang dikembangkan dapat berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur hand tracking pada aplikasi Rakshaka: Pelindung Alam berhasil meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa dalam materi pelestarian lingkungan. Aplikasi ini memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya pelestarian lingkungan. Penelitian ini bermanfaat bagi pendidik dan lembaga pendidikan yang ingin meningkatkan minat belajar siswa melalui teknologi inovatif. Rekomendasi penelitian lebih lanjut mencakup pengembangan fitur tambahan dan pengujian lebih luas untuk memastikan efektivitas aplikasi di berbagai konteks pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Hand Tracking, Pendidikan Lingkungan, MediaPipe, Minat Belajar, Interaktivitas | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Apr 2025 05:00 | ||
Last Modified: | 10 Apr 2025 05:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |