PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MENGGUNAKAN METODE MDLC PADA KELAS 3 SD AISYIYAH LAMBUKIBANG LAMPUNG

Firdaus, Muhammad Agung (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MENGGUNAKAN METODE MDLC PADA KELAS 3 SD AISYIYAH LAMBUKIBANG LAMPUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1100.zip
Restricted to Repository staff only

Download (78MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan tantangan baru dalam dunia pendidikan. Guru dituntut untuk menciptakan inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis desktop pada materi "Energi dan Perubahannya" untuk siswa kelas 3 SD Aisyiyah Lambu Kibang. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengembangan media ini dilakukan menggunakan perangkat lunak Adobe Animate CC 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Rata-rata hasil pre test siswa mencapai 75,48, yang meningkat menjadi 82,90 pada post test. Selain itu, berdasarkan hasil analisis kuesioner dari tiga guru sebagai responden untuk memperoleh respon penguna dalam pengunaan aplikasi. Hasilnya memperoleh skor rata-rata 91,25%, yang masuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif alat bantu pengajaran yang interaktif dan efektif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei Parwanto
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Energi, MDLC, Adobe Animate
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Apr 2025 04:06
Last Modified: 10 Apr 2025 04:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29237

Actions (login required)

View Item View Item