PENERAPAN PEMBUATAN GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI

Nugraha, Riski Cahaya (2024) PENERAPAN PEMBUATAN GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1735.zip
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pengembangan game sebagai media pembelajaran interaktif pengenalan hewan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk pengumpulan data. Temuan mengungkapkan bahwa permainan edukatif secara efektif meningkatkan keterlibatan belajar anak-anak, mempercepat proses pengenalan hewan, dan mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial mereka. Selain itu, pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan yang diberikan melalui permainan membantu anak-anak lebih mudah memahami materi. Studi ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis permainan memiliki potensi yang signifikan untuk diintegrasikan ke dalam pendidikan anak usia dini. Rekomendasi diberikan kepada pengembang dan pendidik untuk menciptakan permainan yang lebih bervariasi dan sesuai perkembangan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukasi, Media Pembelajaran Interaktif, Anak Usia Dini, Pengenalan Hewan, Perkembangan Kognitif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Apr 2025 03:41
Last Modified: 10 Apr 2025 03:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29233

Actions (login required)

View Item View Item