Kusumo, Bagus Guruh Satriyo (2025) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH ADAT STUDI KASUS: SDN MINOMARTANI 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1343.zip Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Animate sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Minomartani 2. Dalam proses pembelajaran, penggunaan media konvensional sering kali kurang efektif dalam menarik perhatian siswa, sehingga dibutuhkan inovasi dalam penyampaian materi yang lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya media interaktif ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep yang diajarkan serta meningkatkan motivasi belajar mereka. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan pembelajaran melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa untuk memahami kendala yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, tahap desain dilakukan dengan menentukan desain media interaktif yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, termasuk pemilihan warna, animasi, dan elemen interaktif lainnya. Media interaktif dibuat menggunakan Adobe Animate dengan fitur-fitur yang memungkinkan adanya interaksi antara pengguna dan materi pembelajaran, seperti kuis interaktif dan animasi. Setelah perancangan selesai, media diuji coba pada tahap implementasi dengan melibatkan guru dan siswa sebagai pengguna utama. Uji coba ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Media ini juga mendapatkan tanggapan positif dari guru, yang menyatakan bahwa materi menjadi lebih mudah disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Adobe Animate ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar siswa, membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Adobe Animate, ADDIE, IPAS | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Apr 2025 07:21 | ||
Last Modified: | 09 Apr 2025 07:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |