PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH ADAT STUDI KASUS: SDN MINOMARTANI 2

Kusumo, Bagus Guruh Satriyo (2025) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH ADAT STUDI KASUS: SDN MINOMARTANI 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1343.zip
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Animate sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Minomartani 2. Dalam proses pembelajaran, penggunaan media konvensional sering kali kurang efektif dalam menarik perhatian siswa, sehingga dibutuhkan inovasi dalam penyampaian materi yang lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya media interaktif ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep yang diajarkan serta meningkatkan motivasi belajar mereka. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan pembelajaran melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa untuk memahami kendala yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, tahap desain dilakukan dengan menentukan desain media interaktif yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, termasuk pemilihan warna, animasi, dan elemen interaktif lainnya. Media interaktif dibuat menggunakan Adobe Animate dengan fitur-fitur yang memungkinkan adanya interaksi antara pengguna dan materi pembelajaran, seperti kuis interaktif dan animasi. Setelah perancangan selesai, media diuji coba pada tahap implementasi dengan melibatkan guru dan siswa sebagai pengguna utama. Uji coba ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Media ini juga mendapatkan tanggapan positif dari guru, yang menyatakan bahwa materi menjadi lebih mudah disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Adobe Animate ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar siswa, membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rizky, Rizky
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Adobe Animate, ADDIE, IPAS
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Apr 2025 07:21
Last Modified: 09 Apr 2025 07:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item