{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME SCENE TRANSISI PADA ANIMASI 2D "TRIPPING POINT"

Pusparani, Aruna (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME SCENE TRANSISI PADA ANIMASI 2D "TRIPPING POINT". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1307.zip
Restricted to Repository staff only

Download (84MB)

Abstract

Animasi adalah proses memberikan ilusi optik pergerakan dinamik dalam kumpulan gambar statis yang disusun secara sistematis. Berdasarkan teknik pembuatannya, jenis animasi 2D sendiri terdapat 3 macam, yaitu animasi tradisional, animasi stop motion, dan animasi komputer atau digital yang mana setiap jenisnya memiliki teknik pembuatan masing-masing. Dalam pembuatan animasi digital, terdapat teknik frame by frame. Teknik animasi 2D frame by frame adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membentuk animasi 2D, dengan cara menyusun banyak gambar atau sketsa sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah gerakan yang terlihat hidup. “Tripping Point” merupakan animasi hybrid yang menceritakan tentang Elli, seorang seniman yang mengkonsumsi obat halusinogen untuk mendorong kreativitasnya dalam berkarya. Film ini menggunakan animasi 2D untuk scene dunia nyata Elli, serta animasi 3D juga live action VFX untuk scene dunia halusinasi Elli. Dalam penelitian ini, penulis mengimplementasikan teknik frame by frame pada animasi 2D “Tripping Point” dalam tiga scene transisi antara dunia halusinasi dan dunia nyata dari pelaku utama yaitu Elli. Dalam pengerjaannya, penulis menggunakan perangkat lunak Clip Studio Paint . Setelah melewati tahap evaluasi uji kelayakan industri, dihasilkan produk berupa scene transisi pada film animasi 2D “Tripping Point”. Hal yang mendasari penulis untuk mengangkat topik implementasi teknik frame by frame pada animasi 2D pendek berjudul “Tripping Point” adalah sebagai bahan referensi lanjutan untuk generasi muda dalam proses produksi film animasi pendek, dan dapat digunakan untuk bekal menjalani karir dalam bidang bisnis kreatif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Teknik Frame by Frame, Prinsip Animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Apr 2025 07:02
Last Modified: 09 Apr 2025 07:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29206

Actions (login required)

View Item View Item