{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI VISUAL SCRIPTING PADA PENGEMBANGAN GAME 3D “NIMBUS SENTINEL”

Majid, Rafi Ainun (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI VISUAL SCRIPTING PADA PENGEMBANGAN GAME 3D “NIMBUS SENTINEL”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1238.zip
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemrograman visual atau disebut visual scripting merupakan salah satu inovasi dalam bidang teknologi informasi. Dalam penggunaan pemrograman visual pengguna akan dihadapkan penyusunan sebuah diagram yang akan membentuk sebuah logika. Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hubungan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasan lain. Game sendiri terbagi menjadi beberapa genre. Yang dimana terdapat beberapa macam mekanik pada pembuatan game tersebut. Visual scripting yang digunakan pada pengembangan game “Nimbus Sentinel” untuk membuat mekanik pada gameplay yang terdapat di dalamnya. Player dan enemy yang terdapat pada gameplay juga memiliki mekanik yang berbeda dimana player berfungsi sebagai karakter yang dimainkan oleh pemain sedangkan enemy merupakan tantangan yang akan dihadapi oleh pemain yang dimana enemy dikontrol menggunakan AI yang telah diatur sebelumnya. Unity Engine sebagai alat untuk membuat game ini yang dimana pada unity dapat menciptakan program interaktif tidak hanya dalam 2 dimensi tetapi juga dalam bentuk 3 dimensi. Hasil pada penelitian ini menjelaskan implementasi visual scripting pada pengembangan game 3D “Nimbus Sentinel” mendapatkan kategori baik dengan prosentase 79.2 yang telah di uji oleh para penguji sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Visual Scripting, Game, Unity Engine
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Apr 2025 06:52
Last Modified: 09 Apr 2025 06:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29203

Actions (login required)

View Item View Item