Anggara, Sergio Yusuf (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA ANIMASI 2D “REVISI KU” MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPACLIP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1151.zip Restricted to Repository staff only Download (101MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
Abstract
Animasi adalah rangkaian gambar yang membentuk sebuah gerakan. Salah satu keunggulan animasi dibanding media lain seperti gambar statis atau teks adalah kemampuannya untuk menjelaskan perubahan keadaan tiap waktu. Hal ini terutama sangat membantu dalam menjelaskan prosedur dan urutan kejadian. Pembuatan animasi saat ini sudah banyak memanfaatkan komputerisasi dalam proses penciptaanya. Seiring perkembangan zaman, meningkat pula cara untuk menciptakan sebuah animasi, baik secara konvensional maupun secara digital, dan jenis animasi yang ada juga semakin bertambah. Industri animasi Indonesia merupakan salah satu sektor dari ekonomi kreatif yang berkembang pesat yang dikarenakan perkembangan teknologi digital itu sendiri. Penulis merancang sebuah film animasi pendek 2D berjudul “Revisi Ku”, dengan mengimplentasikan teknik frame by frame dalam produksinya. Pada penelitian ini, Penulis menganalisis teknik Frame By Frame pada animasi 2D berjudul “Revisi Ku”. Penulis memilih aplikasi FlipaClip dalam proses pembuatan animasi karna aplikasi ini dapat digunakan pada media portabel seperti smartphone yang sangat mempermudah penulis dalam pembuatan animasi. Dari penciptaan karakter, mengatur/menciptakan gerakan, kamera, perekaman suara dan efek khusus, semuanya dilakukan penulis sendiri. Dan penyatuan semua elemen video, gambar, musik, maupun efek visual, serta elemen lainnya dilakukan dengan teknik Compositing untuk membentuk sebuah adegan yang utuh. Dari permasalahan tersebut, penulis menerapkan Teknik Frame By Frame untuk mencapai hasil sesuai dengan keinginan penulis. Penggunaan Teknik Frame By Frame diharapkan dapat menyampaikan visualisasi adegan yang realis.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Frame by Frame, Penggabungan, FlipaClip | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Apr 2025 06:24 | ||
Last Modified: | 09 Apr 2025 06:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |