PEMBUATAN GAME EDUKASI MENYUSUN HURUF NAMA BUAH-BUAHAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 BERBASIS ANDROID

Zamzuhri, Dika (2024) PEMBUATAN GAME EDUKASI MENYUSUN HURUF NAMA BUAH-BUAHAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2307.zip
Restricted to Repository staff only

Download (275MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Android yang interaktif guna membantu anak-anak usia TK mengenal nama dan bentuk buah-buahan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Game ini dibangun menggunakan Construct 2, yang memungkinkan pengembangan tanpa perlu penguasaan coding yang mendalam. Fitur utama game ini meliputi mekanisme drag and drop untuk menyusun huruf, interaksi tombol, serta pengaturan audio seperti musik latar dan efek suara alfabet yang mendukung pengalaman belajar anak-anak. Pengujian dilakukan melalui metode black-box dan white-box untuk memastikan seluruh fungsi berjalan sesuai desain. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini bekerja dengan baik pada perangkat Android dan memenuhi tujuan awal penelitian. Meskipun penelitian ini hanya mencapai tahap pengujian sistem tanpa implementasi lebih lanjut kepada anak-anak sebagai pengguna akhir, game edukasi ini diharapkan dapat menjadi media alternatif yang bermanfaat dalam proses belajar mengenal nama buah-buahan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Android, Anak Usia TK, Construct 2, Pengenalan Buah, Drag And Drop, Pengujian Black-Box, Pengujian White-Box
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Apr 2025 03:24
Last Modified: 09 Apr 2025 03:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29178

Actions (login required)

View Item View Item