PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN HEWAN LAUT DALAM BAHASA INGGRIS DI MI MUHAMMADIYAH PULUHAN KLATEN

Novanto, Fauzi Ikhsan (2025) PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN HEWAN LAUT DALAM BAHASA INGGRIS DI MI MUHAMMADIYAH PULUHAN KLATEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 23.22.2525.zip
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Dalam era globalisasi yang semakin berkembang, penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris, menjadi semakin krusial. Bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari komunikasi bisnis, pendidikan, hingga hiburan.. Namun, tantangan muncul ketika harus mengenal dan menghafal kosakata yang masih asing dan sulit diucapkan, terutama bagi siswa kelas 1. Selain itu, pada umumnya mereka memiliki karakter yang aktif dan lebih tertarik pada permainan, sehingga perhatian mereka terhadap materi yang diajarkan sering kali berkurang.Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi interaktif berbasis 3D yang menarik dan menyenangkan. Game ini dirancang untuk membantu siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Puluhan, Klaten, dalam mengenal kosakata fauna akuatik dalam Bahasa Inggris secara efektif. Dengan memanfaatkan teknologi 3D, media pembelajaran ini disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, menjadikannya relevan dengan dunia mereka. Harapan dari pengembangan ini adalah tidak hanya untuk mendukung pencapaian dalam pembelajaran Bahasa Inggris, tetapi juga untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan digital mereka sejak dini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Interaktif, Game, 3D, Bahasa Inggris
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:13
Last Modified: 26 Mar 2025 02:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29154

Actions (login required)

View Item View Item