Ramadhan, Muhammad Destrian (2025) PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELIAN PRODUK DI SEBELAS COFFEE CRAFTER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0438.zip Restricted to Repository staff only Download (230MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
Abstract
Kopi merupakan salah satu komoditas yang dapat dijadikan minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Jenis kopi yang biasa dikonsumsi di Indonesia adalah kopi Arabika dan kopi Robusta. Konsumsi kopi di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari International Coffee Organization (ICO,2021), konsumsi kopi di Indonesia mencapai angka hingga 50,97% dari jumlah produksi kopi yang ada di dalam negeri. Meningkatnya konsumsi kopi selaras dengan meningkatnya jumlah coffee shop di sebagian kota besar, salah satunya di kota Yogyakarta. Pada tahun 2022 jumlah coffee shop di Yogyakarta mencapai lebih dari 3000 gerai. Seiring meningkatnya jumlah coffee shop di Yogyakarta, persaingan bisinis pun ikut meningkat. Dengan keterbatasannya tempat, Sebelas Coffee Crafter memfokuskan penjualan produk mereka melalui E-Marketplace akan tetapi dengan menggunakan E-Marketplace untung yang di dapat tidak terlalu banyak karena adanya potongan biaya yang cukup besar dari dari pihak E-Marketplace. Teknologi pada era ini sangat berkembang pesat sehingga bisa dimanfaatkan dengan mudah dalam pemasaran produk. Teknologi internet sangat membantu di bidang usaha, internet bisa membantu masyarakat dalam memperoleh informasi yang cepat dan tepat. Penggunaan E-Marketplace pada coffee shop dapat membantu UMKM coffee shop dalam penjualan produk, salah satunya Sebelas Coffee Crafter. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi yang memudahkan pemasaran dan bisa disesuaikan dengan keinginan pihak Sebelas Coffee Crafter. Perancangan Aplikasi yang dilakukan peneliti menggunakan KODULAR untuk membantu merancang aplikasi teresbut, dengan memperkenalkan produk di menu yang bisa berubah ke bentuk video yang akan membuat produk terlihat semakin menarik. Sebelas Coffee Crafter di harapkan dapat meningkatkan penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk mengembangkan perusahaannya dan dapat membantu karyawan untuk melayani konsumen dengan lebih baik. Di dalam penelitian ini peneliti memberi kemudahan untuk pihak Sebelas Coffee keleluasaan untuk mengembangkan aplikasi ini mulai dari marketing serta pelayanan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Pemasaran, Kopi, Teknologi, Perancangan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:58 | ||
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |