Aprianto, Herin Dwibima (2023) EFEKTIVITAS RIGGING PADA FILM ANIMASI AJISAKA. S2 - Magister thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (THESIS)
20.51.1386 Herin Dwibima Aprianto.pdf Download (4MB) |
Abstract
Film animasi saat ini banyak diminati oleh segala usia baik anak kecil hingga dewasa, mulai dari film animasi 3D Avatar, Up, Luca. Film animasi juga demikian dari series hingga layer lebar. Asset animasi merupakan hal yang penting untuk membuat film karena tanpa karakter atau environment maka film akan sulit dipahami jalan ceritanya. Pembuat animasi akan membuat satu karakter utama supaya penonton dapat merasakan berada didalam film dan bisa memainkannya dengan imajinasi sesuai dengan persepsi pembuatnya. Salah satu yang penting adalah karakter game untuk melakukansuatu tindakan atau misi yang dimainkan oleh user. Demikian pula dengan asset karakter pada animasi. Karakter inilah akan luwes dengan menggunakan rigging. Rigging merupakan tulang utama untuk karakter yang kemudian akan ditempelkan pada baju atau kulitnya dengan tahapan skinning, Tahapan ini akan membuat karakter bisa melakukan segala sesuatunya dan terlihat realistis. Rigging merupakan proses penting agar penggerakan animasi atau asset ini berjalan lebih cepat dan menghemat waktu. Tidak hanya untuk film, rigging juga dirasapenting untuk animasi karena dengan rigging prinsip-prinsip animasi dapat dijalankan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S2 - Magister) | |||
---|---|---|---|---|
Contributor: |
|
|||
Uncontrolled Keywords: | Kerangka, Animasi, 3D, Karakter, Animation | |||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | |||
Divisions: | Pascasarjana Magister Informatika > Magister Informatika | |||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | |||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 06:41 | |||
Last Modified: | 21 Mar 2025 06:41 | |||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |