Fattah, Yodyatama Rahmad (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN MODELING KARAKTER 3D PADA SCENE JUNGLE REMAKE JINGLE AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0657.zip Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Karakter 3D merupakan objek animasi yang memiliki lebar, tinggi, dan kedalaman, sehingga dapat terlihat seperti objek aslinya. Membuat objek 3d dengan referensi objek di dunia nyata menjadi objek digital atau bisa disebut model karakter 3D dengan gaya kartun dapat digunakan untuk kebutuhan dalam pembuatan video animasi 3D. Dengan adanya karakter 3D, sebuah video animasi dapat memberikan pengalaman visual yang lebih imersif bagi penonton, karena mampu menyampaikan emosi dan ekspresi yang lebih kompleks akibat meningkatnya kualitas visual dan efektivitas storytelling dari sebuah video animasi. Penelitian ini membahas tentang proses pemodelan karakter 3D dalam pembuatan scene jungle pada jingle Amikom yang akan dibuat ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan kesesuaian antara model karakter 3D serta tema pada scene jungle yang dapat digunakan dalam video jingle Amikom. Proses dimulai dengan perencanaan konsep, pembuatan model 3d, dan pengaplikasian tekstur yang akan dipadukan dengan lingkungan hutan (jungle) sehingga menciptakan suasana alami dan dinamis. Pembuatan model karakter 3D ini menggunakan aplikasi Blender dengan teknik polygonal modeling sehingga model karakter 3D dapat mendukung alur cerita. Hasil akhir berupa aset model karakter 3D yang sesuai dengan scene jungle dan dapat digunakan pada video remake jingle Amikom serta dapat meningkatkan kualitas produksi dan meningkatkan pengalaman visual penonton. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan video animasi 3D, khususnya dalam proses pembuatan karakter 3D dengan aplikasi Blender dan menghasilkan karakter yang sesuai pada suatu adegan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, Karakter 3D, Modeling, Primitive Modeling | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:31 | ||
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |