Aji, Enggar Wahyu (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE WARKOP SEDARI WONOGIRI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (909kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Warkop Sedari Wonogiri melalui platform media sosial TikTok dalam membangun dan memperkuat brand image mereka. TikTok, sebagai salah satu media sosial yang berkembang pesat, menawarkan peluang besar bagi bisnis lokal untuk mencapai audiens yang lebih luas dengan cara yang kreatif dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap akun TikTok resmi Warkop Sedari, wawancara dengan pengelola, serta analisis konten yang dipublikasikan di platform tersebut. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Warkop Sedari menggunakan TikTok dalam menyampaikan pesan pemasaran, membangun hubungan dengan konsumen, serta menciptakan citra merek yang kuat. Hasil penelitian ini ingin memecahkan masalah yang terdapat di Warkop Sedari Wonogiri dengan menggunakan teori social media marketing atau pemasaran media sosial yang dikemukakan oleh As’ad & Alhadid yaitu Ada 5 Aspek seperti online community, intercation, sharing of conten, accesbility dan credibility. Dengan demikian Warung Sedari Wonogiri dapat memaksimalkan strategi komunikasi pemasarannya dan memperluas pangsa pasarnya, sehingga membuat bisnis Warkop Sedari Wonogiri mendapat citra yang baik dari pengunjung dan dapat dengan mudah dalam memasarkan produknya melalui media sosial Tik – Tok, menunjukkan bahwa Warkop Sedari memanfaatkan berbagai fitur TikTok, seperti video pendek, musik, tantangan viral, dan kolaborasi dengan influencer lokal, untuk menarik perhatian konsumen. Konten yang disajikan tidak hanya berfokus pada promosi produk, tetapi juga pada pembentukan cerita dan karakter yang dekat dengan nilai-nilai lokal Wonogiri, yang mampu membangun kedekatan emosional dengan audiens. Interaksi yang aktif dengan pengikut melalui komentar dan video respons turut memperkuat hubungan antara merek dan konsumen. Dengan demikian, strategi komunikasi pemasaran menggunakan TikTok terbukti efektif dalam membangun brand image Warkop Sedari sebagai warkop yang kekinian, ramah, dan dekat dengan komunitas lokal. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha lokal lainnya dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memperkenalkan dan memperkuat citra merek mereka.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, TikTok, Brand Image | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Mar 2025 01:11 | ||
Last Modified: | 13 Mar 2025 01:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |