Fadholi, Dimas Rio Ikbar (2025) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D “SLIME” DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3548.zip Restricted to Repository staff only Download (238MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat animasi 2D pendek berjudul “Slime” dengan menggunakan teknik frame-by-frame. Animasi ini menceritakan perjalanan seekor slime dalam mencari tempat tinggal yang nyaman, yang diwarnai dengan konflik dengan robot dan penghuni gubuk, sebelum akhirnya bertemu dengan slime-slime lainnya. Teknik frame-by-frame dipilih untuk memungkinkan detail gerakan yang halus dan kompleks, terutama dalam adegan pertarungan. Proses pengembangan terdiri dari tiga fase utama: Praproduksi (konsep cerita, desain karakter dan storyboard), produksi (pembuatan karakter, animasi dan latar belakang) dan pasca-produksi (compositing, penambahan efek visual dan rendering). Evaluasi dilakukan melalui uji kelayakan dan kuesioner yang melibatkan para profesional animasi dan masyarakat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik frame-by-frame mampu menciptakan visual yang dinamis dan menarik. Selain itu, cerita mampu menyampaikan emosi dan pesan animasi dengan baik tanpa dialog, namun dengan dukungan efek suara dan musik latar. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk pengembangan animasi 2D dengan teknik serupa di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Frame By Frame, Visual Storytelling, Slime | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:44 | ||
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |