PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D “SLIME” DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME

Fadholi, Dimas Rio Ikbar (2025) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D “SLIME” DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3548.zip
Restricted to Repository staff only

Download (238MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat animasi 2D pendek berjudul “Slime” dengan menggunakan teknik frame-by-frame. Animasi ini menceritakan perjalanan seekor slime dalam mencari tempat tinggal yang nyaman, yang diwarnai dengan konflik dengan robot dan penghuni gubuk, sebelum akhirnya bertemu dengan slime-slime lainnya. Teknik frame-by-frame dipilih untuk memungkinkan detail gerakan yang halus dan kompleks, terutama dalam adegan pertarungan. Proses pengembangan terdiri dari tiga fase utama: Praproduksi (konsep cerita, desain karakter dan storyboard), produksi (pembuatan karakter, animasi dan latar belakang) dan pasca-produksi (compositing, penambahan efek visual dan rendering). Evaluasi dilakukan melalui uji kelayakan dan kuesioner yang melibatkan para profesional animasi dan masyarakat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik frame-by-frame mampu menciptakan visual yang dinamis dan menarik. Selain itu, cerita mampu menyampaikan emosi dan pesan animasi dengan baik tanpa dialog, namun dengan dukungan efek suara dan musik latar. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk pengembangan animasi 2D dengan teknik serupa di masa mendatang.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Frame By Frame, Visual Storytelling, Slime
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:44
Last Modified: 11 Mar 2025 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28772

Actions (login required)

View Item View Item