STRATEGI PENYEDIAAN LAYANAN AIR BERSIH OLEH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA HANDAYANI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, BERDASARKAN PERSEPSI PENYEDIA DAN PENGGUNA

Gebze, Leonardus Waigal (2024) STRATEGI PENYEDIAAN LAYANAN AIR BERSIH OLEH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA HANDAYANI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, BERDASARKAN PERSEPSI PENYEDIA DAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Naskah Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewah Yogyakarta dengan pusat pemerintahan di Wonosari, memiliki topografi perbukitan karst yang menyulitkan penyimpanan air tanah, menyebabkan lahan di wilayah ini sering kali kering dan tandus. Meskipun curah hujan di beberapa daerah seperti Panggang, cukup tinggi, air hujan sulit disimpan akibat karakteristikperbukitan karst yang mengakibatkan kekeringan di kecamatan-kecamatan tertentu. PDAM Tirta Handayani satu-satunya perusahaan air minum milik pemerintah daerah Gunungkidul, menghadapi tantangan besar dalam memenuhi kebutuhan air bersihyang terus meningkat, termasuk masalah seperti kerusakan peralatan, kekurangan pasokan, dan kualitas air yang kadang keruh. Untuk mengatasi masalah ini, PDAM Tirta Handayani telah melakukan beberapa upaya, termasuk pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Seropan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan air menjadi 100 liter per detik, serta Kerjasama dengan BCA untuk membangun sumur Bor di Kelurahan Pampang guna memperbaiki layanan di daerah pedesaan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) juga dijalankan untuk memperluas jangkauan layanan. Meski ada perbaikan, tanggapan masyarakat masih bervariasi dengan beberapa pelanggan puas sementara yang lain mengeluh kualitas dan kontinuitas air. Dengan peningkatan kapasitas pengolahan dan infrastruktur, diharapkan masalah ini dapat diatasi secara bertahap dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adninda, Gardyas Bidari
Uncontrolled Keywords: Layanan Air Bersih, PDAM, Persepsi
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 710 Perencanaan wilayah dan arsitektur lanskap > 711 Perencanaan wilayah
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Perencanaan Wilayah dan kota
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Dec 2024 07:10
Last Modified: 10 Dec 2024 07:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28713

Actions (login required)

View Item View Item