Setiawan, Leonardus Raka Elang Elia (2024) {JALUR LOMBA} PEMBUATAN KARAKTER "UNDEAD" DALAM GAME "SABOT : RISE OF UNDEAD" CORISINDO 2024. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1206.zip Restricted to Repository staff only Download (54MB) |
Abstract
Di dalam proses pembuatan game, Karakter akan menjadi titik fokus di dalam pengembangan suatu cerita dan jalannya suatu game. Di dalam cerita game "Sabot : Rise of Undead" karakter undead menjadi salah satu bentuk yang merepresentasikan tema dark fantasy dari game ini, pengambilan konsep undead yang menggambarkan mahkluk yang berada diambang kehidupan dan kematian dan ada di era medieval atau gothic akan membantu memperkuat kesesuaian dengan tema game saat dimainkan. Karakter di dalam game “Sabot : Rise Of Undead” akan dikhususkan pada game-ready asset yang harus menyeimbangkan antara kualitas visual yang akan dengan performance untuk dimasukkan ke dalam software Unreal Engine. Didalam proses pembuatannya karakter Undead akan terlebih dahulu dibuatkan concept art di dalam bentuk 2D dengan menggunakan software Adobe Photoshop agar sesuai dengan tema dark fantasy yang kemudian akan dilanjutkan kedalam proses concept sculpting dengan software Zbrush untuk memberikan visualisasi kasar di dalam bentuk 3d yang masih mudah untuk diubah sesuai revisi sesuai konsep yang sudah ada. Kemudian akan ditransfer ke software Maya untuk melakukan retopology dan UV agar karakter ringan dan tidak memberatkan 3d software / game, dan dikembalikan ke Zbrush lagi untuk Sculpting final dan mencetak high-poly object dan low-poly object dari karakter tersebut agar dapat di baking di software Substance Painter dan diberikan texture, dan yang terakhir akan diberikan rigging sesuai standar unreal engine 5. Pembuatan karya tulis ini merupakan dokumentasi dalam pembuatan karakter 3d game-ready pada game “Sabot : Rise of Undead” yang memiliki tahapan concept art, modeling, texturing dan rigging. Proses pembuatan karakter ini bertujuan untuk memberikan referensi serta pembelajaran di dalam pembuatan 3D model karakter game-ready dan karya tulis
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Karakter 3D, Sculpting, 3D Modeling, Game, Game-Ready | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Dec 2024 06:28 | ||
Last Modified: | 10 Dec 2024 06:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |