KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Faza, Muhammad Fahmi (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (474kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-17.96.0169-Muhammad Fahmi Faza - Muhammad Fahmi Faza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)

Abstract

Sejak menyebarnya Virus Covid-19 di Indonesia, pemerintah memberlakukan kebijakan untuk menerapkan pembelajaran daring pada semua tingkat pendidikan. Pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah merupakan solusi agar pendidikan tetap berlangsung meskipun berada di tengah-tengah kondisi pandemi Covid-19. Selama pembelajaran daring berlangsung, selain adanya peran guru dalam kegiatan belajar siswa, dibutuhkan juga adanya peran orang tua siswa dalam membimbing anaknya dari rumah. Oleh karena itu orang tua memiliki tanggung jawab agar kegiatan belajar anak di rumah dapat dilaksanakan secara maksimal. Salah satu bentuk tanggung jawab orang tua dapat dilihat dari cara membangun interaksi yang baik dengan anak. Interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak merupakan bentuk dari komunikasi keluarga yang dari segi hubungannya termasuk dalam komunikasi interpersonal. Membangun komunikasi secara baik dan efektif sangat diperlukan dalam mengoptimalkan proses belajar anak yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar anak selama diberlakukan pembelajaran daring. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal orang tua dan anak terkait motivasi pembelajaran daring di SDN Lampuyangan 1 Yogyakarta. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan paradigma Critical Theory. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah orang tua dari siswa yang bersekolah di SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta dengan pemilihan dari kelas 1 sampai dengan kelas 3. Pemilihan informan tersebut berdasarkan penunjukan guru kelas. Dari setiap kelas diambil satu orang tua (ayah atau ibu) dengan jumlah informan dalam penelitian sebanyak 3 ibu dan 1 ayah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak di SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta dalam proses pembelajaran daring terjalin erat dan efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Hal tersebut terjadi karena proses komunikasi yang berlangsung antara orang tua dan anak menerapkan keefektifan komunikasi interpersonal yang meliputi keterbukaan (openess), empati (empathy), dukungan (supportiveness), rasa positif (positiveness), dan kesamaan (equality) selama mendampingi anak dalam belajar daring dari rumah. Orang tua yang membangun komunikasi interpersonal secara efektif mampu meningkatkan motivasi belajar anak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purnamasari, Novita Ika
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, komunikasi keluarga, orang tua, anak, motivasi belajar, pembelajaran daring
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:21
Last Modified: 21 Aug 2023 04:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item