ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMILIHAN PRESIDEN 2024 DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER

Nugroho, Ardhi Wahyu (2024) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMILIHAN PRESIDEN 2024 DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3676.zip
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat terhadap Pemilihan Presiden 2024 melalui media sosial, khususnya Twitter. Dengan semakin berkembangnya penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi publik, banyak opini, komentar, dan sentimen yang disampaikan secara terbuka. Namun, volume data yang besar serta penggunaan bahasa informal di platform ini menimbulkan kesulitan dalam memahami sentimen secara efektif. Dampak dari permasalahan ini adalah kurangnya pemahaman yang akurat tentang preferensi politik masyarakat, yang dapat memengaruhi strategi kampanye dan kebijakan publik. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode untuk mengklasifikasikan sentimen secara lebih efektif dari data yang tidak terstruktur. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier untuk mengklasifikasikan sentimen tweet menjadi tiga kategori: positif, netral, dan negatif. Data yang digunakan dikumpulkan dari komentar tweet terkait Pilpres 2024 dengan kata kunci tertentu. Analisis dilakukan menggunakan Google Colaboratory dengan bahasa pemrograman Python. Algoritma Naive Bayes dipilih karena kemampuannya yang efisien dalam menangani data dalam jumlah besar dan komputasi yang sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes memiliki akurasi yang baik dalam mengklasifikasikan sentimen tweet. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang pandangan masyarakat terhadap calon presiden, yang dapat dimanfaatkan oleh partai politik, peneliti, atau pengamat sosial untuk memahami dinamika opini publik. Diharapkan Penelitian lebih lanjut dapat berfokus pada pengembangan model analisis sentimen yang lebih akurat dengan mempertimbangkan penggunaan algoritma lain.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rumini, Rumini
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Naive Bayes Classifier, Twitter, Pemilihan Presiden 2024, Media Sosial
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Dec 2024 06:37
Last Modified: 09 Dec 2024 06:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28686

Actions (login required)

View Item View Item