ANALISIS DAN PERANCANGAN ANIMASI 2D PENGENALAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHICS

Aji, Suryo Baskoro (2024) ANALISIS DAN PERANCANGAN ANIMASI 2D PENGENALAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHICS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2162.zip
Restricted to Repository staff only

Download (194MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis dan perancangan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk animasi motion graphic dilihat dari kelayakan dan kesesuaian terhadap kegiatan belajar bahasa Jawa siswa kelas 4 SD N 1 Bantul, terkhususnya materi baca dan tulis aksara jawa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tahapan praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket bersama dengan dosen yang berperan sebagai ahli media dan guru sebagai penilai Beta Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi motion graphic tentang baca dan tulis aksara Jawa mendapatkan rata-rata skor penilaian dari ahli media sebesar 4,69 dan masuk dalam kategori ”Sangat Layak”. Sedangkan penilaian dari beta testing yang dilakukan oleh guru bahasa Jawa, animasi motion graphic mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,75 dan masuk dalam kategori ”Sangat Baik”. Kedua hasil uji tersebut menunjukkan bahwa animasi motion graphic dapat digunakan untuk pembelajaran kelas 4 SD N 1 Bantul. Observasi penerapan animasi menunjukkan siswa lebih antusias dan aktif dalam mengikuti intruksi. Pada akhir pengembangan, animasi mendapat beberapa saran dari ahli media dan guru. Saran dari ahli media adalah pelu adanya subtitle dan logo instansi. Sedangkan guru bahasa Jawa memberikan saran agar durasi animasi diperpanjang dan ditambahkan lebih banyak kata penyemangat untuk siswa. Kedua saran tersebut digunakan sebagai referensi pada tahap distribusi animasi. Selanjutnya animasi di unggah pada platform youtube agar dapat dimanfaatkan ke banyak pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Anggita, Sharazita Dyah
Uncontrolled Keywords: Animasi, Motion Graphic, Tahapan Produksi, Bahasa Jawa, Aksara Jawa
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:20
Last Modified: 05 Dec 2024 07:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28651

Actions (login required)

View Item View Item