ANALISIS USER EXPERIENCE DALAM GAME HONKAI STAR RAIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ)

Aryadi, Didi (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE DALAM GAME HONKAI STAR RAIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3710.zip
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Honkai Star Rail, game RPG yang dikembangkan oleh miHoYo, menghadirkan pengalaman bermain game yang imersif dengan grafis berkualitas tinggi dan mekanisme game yang kompleks. Menggunakan sistem gacha untuk karakter dan relik, banyak pemain yang mengalami rasa frustrasi saat melakukan gacha, seperti yang terlihat dalam diskusi di forum online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna (UX) dengan menggunakan Game Experience Questionnaire (GEQ). Data dikumpulkan dari 42 responden, dengan menggunakan metode uji validitas dan reliabilitas yang menunjukkan seluruh instrumen valid dan reliabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek UX khususnya pada modul inti memiliki skor tinggi pada komponen seperti Immersion(Mean=2.556), Kompetensi(Mean=2.290 ), dan Pengaruh Positif(Mean= 2.724), sedangkan skor rendah pada komponen ketegangan dan pengaruh negatif. Hasil dari modul pasca pertandingan juga menunjukkan Pengalaman Positif(Mean=1.861) secara keseluruhan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pengembang game dan penelitian lebih lanjut dalam meningkatkan kualitas pengalaman bermain game.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: User Experience, Game Experience Questionaire, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Dec 2024 03:21
Last Modified: 05 Dec 2024 03:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28643

Actions (login required)

View Item View Item