PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE VISUALISASI

Auzan, Zul Fahmi (2024) PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE VISUALISASI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1561.zip
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)

Abstract

Penelitian terkait pengembangan multimedia interaktif di bidang pendidikan menyoroti pentingnya metode visualisasi dalam pembelajaran sistem pernapasan manusia. Dengan memanfaatkan teknologi, terutama multimedia dan aplikasi hingga visualisasi berbasis game, pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat. Penelitian ini melakukan perancangan yang lebih interaktif terhadap materi sistem pernapasan. Penggunaan kuisioner yang disebarkan kepada masyarakat umum untuk mengukur efektivitas multimedia dalam memperjelas konsep sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan metode ADIEE dan melibatkan 20 pengguna sebagai responden untuk mengevaluasi kinerja rancangan. Kuisioner yang digunakan berisi 10 pertanyaan yang terdiri dari 5 pertanyaan masing-masing untuk penilaian materi dan media. Para responden diberi kebebasan waktu untuk menilai dan mencermati visualisasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi ini dinilai sangat baik oleh para ahli dengan skor rata-rata validasi sebesar 81,25% oleh ahli materi, dan 82,75% oleh ahli media. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan multimedia interaktif dan visualisasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan, serta memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Anggita, Sharazita Dyah
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Multimedia Interaktif, ADIEE, Sistem Pernapasan Manusia, Efektivitas
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:33
Last Modified: 04 Dec 2024 02:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item