PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN RUMAH ADAT MENGGUNAKAN ALGORITMA FAST CORNER DETECTION

Ardhiyani, Eka Nur (2024) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN RUMAH ADAT MENGGUNAKAN ALGORITMA FAST CORNER DETECTION. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1244.zip
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan media pembelajaran telah membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan interaktif. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pada siswa, mulai dari media cetak, audio visual, komputer hingga gabungan dari media cetak dan komputer. Media gabungan ini diwujudkan dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang menggabungkan objek dunia maya baik 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan dunia nyata yang dapat ditampilkan secara real time (waktu nyata). Proses pembelajaran bertujuan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada siswa dengan cara yang menarik dan bermakna. Dengan adanya Augmented Reality (AR), proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Penelitian ini menggunakan teknologi augmented reality untuk mengenalkan rumah adat kepada siswa sekolah dasar. Melalui media pembelajaran digital berbasis AR ini, siswa dapat melihat bentuk fisik rumah adat dalam bentuk 3 dimensi melalui perangkat Android. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi augmented reality pengenalan rumah adat yang dapat ditampilkan dalam bentuk 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK dengan algoritma Fast Corner Detection (FCD).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Farida, Lilis Dwi
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Rumah adat, Unity 3D, Algoritma Fast Corner Detection (FCD).
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Dec 2024 07:50
Last Modified: 03 Dec 2024 07:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item View Item