PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PADA SISTEM TATA SURYA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SDN KALASAN BARU

Kurniawati, Kartika Dwi (2024) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PADA SISTEM TATA SURYA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SDN KALASAN BARU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1776.zip
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat berkembang pesat, terutama dalam bidang pendidikan. Perkembangan ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai sektor termasuk dalam dunia pendidikan, yang bertujuan sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dalam bentuk augmented reality. Pengajar dilateh untuk membuat kegiatan belajar lebih bervariasi dengan melibatkan pemanfaatan berbagai metode, salah satunya adalah dengan memakai media pembelajaran interaktif. Akan tetapi, penggunaan media pembelajaran interaktif ini masih sedikit dilakukan di sekolah. SDN Kalasan Baru merupakan salah satu sekolah yang cara mengajarnya masih menggunakan metode ceramah maupun demonstrasi menggunakan alat peraga yang jumlahnya terbatas untuk materi Sistema tata surya. Selain itu, guru juga masih menyampaikan materi tersebut melalui sebuah video. Dari penyampaian materi yang telah dilakukan, siswa merasa bosan dan masih kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Metode pembuatan aplikasi media interaktif ini menerapkan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evluation). Untuk metode pengumpulan data melibatkan pelaksanaan wawancara langsung dengan kepala sekolah SDN Kalasan Baru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem tata surya ini mudah dipahami oleh peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil pengujian berupa kuesioner yang diberikan kepada 18 guru di SDN Kalasan Baru, bahwa media pembelajaran sistem tata surya ini memperoleh nilai rata-rata 76.8 dan tergolong dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Tata Surya, Media Pembelajaran, ADDIE, Unity
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:47
Last Modified: 28 Nov 2024 04:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28468

Actions (login required)

View Item View Item