PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME STROKE RECOGNITION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3

Ramadhani, Rayhan Aulia (2024) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME STROKE RECOGNITION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (680kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3316.zip
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan anak usia dini telah menjadi semakin penting. Salah satu pendekatan yang menarik adalah penggunaan game. Dengan pendekatan visual, diharapkan anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus mereka sambil memahami konsep dasar dari gambar,angka dan, huruf. Perancangan game melibatkan identifikasi karakteristik visual dari berbagai stroke, seperti garis lurus, kurva, dan titik. Konsep desain dibuat dengan mempertimbangkan kecerdasan motorik dan kognitif dan menciptakan game antarmuka yang ramah anak yang dapat menyesuaikan tingkat kesulitan sesuai dengan perkembangan individu masing-masing anak. Game Stroke Recognition yang dirancang dan dibuat menggunakan Construct 3 bertujuan menjadi media pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Tujuan utamanya adalah membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pengenalan dan pembelajaran pola dasar tulisan tangan, yang merupakan landasan penting bagi kemampuan literasi awal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif untuk anak usia dini. Implikasi dari game ini diharapkan dapat membantu guru dan orang tua dalam memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan dan efektif bagi anak-anak pada tahap perkembangan awal mereka.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game, Media Interaktif, Edukasi, Construct 3, Inovasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2024 03:08
Last Modified: 26 Nov 2024 03:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28402

Actions (login required)

View Item View Item