Kinantaka, Abwabarrizky (2024) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGOLAHAN SAMPAH UNTUK SDN ASMOROBANGUN 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (907kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0791.zip Restricted to Repository staff only Download (68MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
Abstract
Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi yang besar dan tingkat konsumsi yang meningkat, menghadapi tantangan serius dalam mengelola sampah dengan benar. Permasalahan ini pun berdampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan, dan keberlanjutan sumber daya alam. SDN Asmorobangun 1, sebagai salah satu sekolah dasar di daerah tersebut, juga dihadapkan pada tantangan pengelolaan sampah. Dalam upaya menciptakan perubahan positif di sekolah tersebut, diperlukan pendekatan yang menarik dan efektif agar anak-anak dapat lebih memahami pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan bertanggung jawab. Media pembelajaran interaktif menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menarik minat anak-anak dalam belajar. melalui program pengelolaan sampah dengan media pembelajaran interaktif diharapkan tercipta perubahan positif dalam pola pikir dan perilaku siswa terkait pengelolaan sampah. Metode perancangan menggunakan Unified Modelling Language (UML) yang meliputi Usecase Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Pengujian metode analisis data menggunakan usability testing dengan skala Likert. Pengujian usability adalah pengujian akhir pada proses media pembelajaran. Pengujian usability memperoleh hasil media interaktif memenuhi standar usability, yakni sebesar 85% atau “sangat layak", dengan demikian disimpulkan bahwa media interaktif tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran tentang pengolahan sampah untuk SDN ASMOROBANGUN 1.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Video, Pengolahan Sampah, After Effect, Unified Modelling Language (UML) | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:54 | ||
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28398 |
Actions (login required)
View Item |