PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGOLAHAN SAMPAH UNTUK SDN ASMOROBANGUN 1

Kinantaka, Abwabarrizky (2024) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGOLAHAN SAMPAH UNTUK SDN ASMOROBANGUN 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0791.zip
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi yang besar dan tingkat konsumsi yang meningkat, menghadapi tantangan serius dalam mengelola sampah dengan benar. Permasalahan ini pun berdampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan, dan keberlanjutan sumber daya alam. SDN Asmorobangun 1, sebagai salah satu sekolah dasar di daerah tersebut, juga dihadapkan pada tantangan pengelolaan sampah. Dalam upaya menciptakan perubahan positif di sekolah tersebut, diperlukan pendekatan yang menarik dan efektif agar anak-anak dapat lebih memahami pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan bertanggung jawab. Media pembelajaran interaktif menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menarik minat anak-anak dalam belajar. melalui program pengelolaan sampah dengan media pembelajaran interaktif diharapkan tercipta perubahan positif dalam pola pikir dan perilaku siswa terkait pengelolaan sampah. Metode perancangan menggunakan Unified Modelling Language (UML) yang meliputi Usecase Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Pengujian metode analisis data menggunakan usability testing dengan skala Likert. Pengujian usability adalah pengujian akhir pada proses media pembelajaran. Pengujian usability memperoleh hasil media interaktif memenuhi standar usability, yakni sebesar 85% atau “sangat layak", dengan demikian disimpulkan bahwa media interaktif tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran tentang pengolahan sampah untuk SDN ASMOROBANGUN 1.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Video, Pengolahan Sampah, After Effect, Unified Modelling Language (UML)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:54
Last Modified: 26 Nov 2024 02:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28398

Actions (login required)

View Item View Item