IMPLEMENTASI VISUAL EFFECT GRAPH PADA ASETEFEK PERMAINAN 3D MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY ENGINE

Hakim, Hilmi Muhammad (2024) IMPLEMENTASI VISUAL EFFECT GRAPH PADA ASETEFEK PERMAINAN 3D MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY ENGINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0995.zip
Restricted to Repository staff only

Download (249MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi Visual Effect Graph pada aset efek permainan 3D menggunakan software Unity Engine untuk pemanfaatan seni budaya digital pada permainan "Wandering Soul". Dengan menggunakan Visual Effect Graph, pengembangan efek visual akan menjadi lebih kompleks, sehingga mampu merepresentasikan setiap kemampuan serangan didalam permainan menjadi lebih interaktif. Implementasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman visual pemain, tetapi juga menjadi alat untuk mempromosikan dan melestarikan elemen budaya melalui medium digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan desain konsep art efek visual dan pengembangan efek visual dengan Visual Effect Graph, kemudian mengintegrasikannya ke dalam aset efek permainan "Wandering Soul". Proses ini memerlukan kemampuan teknis dalam menggunakan Visual Effect Graph untuk merealisasikan konsep Art efek visual tersebut. Hasilnya Visual Effect Graph memungkinkan penciptaan aset efek visual yang lebih dinamis dan hidup, dibandingkan dengan sistem partikel tradisional. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan cara baru untuk memvisualisasikan seni budaya dalam medium digital dan memberikan kontribusi penting dalam bidang pengembangan aset efek visual permainan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aset efek visual yang tidak hanya estetis tetapi juga berfungsi sebagai alat naratif yang kuat, memperkuat tema budaya dan cerita dalam permainan. Integrasi seni budaya digital dalam permainan melalui aset efek visual dapat menjadi tren baru dalam industri game yang menggabungkan hiburan dengan edukasi budaya. Hasil pengujian kuisioner ahli menunjukkan angka indeks 87.27%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Baik", dan pengujian kuisioner umum menunjukkan angka indeks 83.85%, yang juga tergolong dalam kategori "Sangat Baik".

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, M. Fairul
Uncontrolled Keywords: Visual Effect Graph, Software Unity Engine, Aset Efek Visual Permainan, Seni Budaya Digital
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:59
Last Modified: 26 Nov 2024 01:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item View Item