PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI BATIK KEBON INDAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Gunawan, M Ari (2023) PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI BATIK KEBON INDAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - 18.11.2075.zip
Restricted to Repository staff only

Download (87MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Bagaimana cara mengimplementasikan teknologi Augmented Reality pada media pemasaran pakaian batik Kebon Indah dengan memanfaatkan filter instagram. Berdasarkan rumusan masalah yang diteliti, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk Membuat media promosi batik memanfaatkan filter instagram menggunakan teknologi Augmented Reality, agar pengguna mengetahui kecocokan motifnya. Dalam membuat animasi 3D ada tiga tahapan yaitu pra produksi: ide, alur program/flowchart, desain karakter, color karakter selanjutnya produksi merupakan pekerjaan yang utama dalam pembuatan animasi 3D meliputi: modeling 3D, texturing. kemudian pasca produksi dimana ini bagian terakhir dari rangkaian proses pembuatan yang meliputi: Importing asset 3D, marker motif batik penyusunan alur program dan publish filter ke instagram. Peneliti berhasil membuat media promosi pakaian Batik Kebon Indah memanfaatkan AR filter Instagram.Adanya media promosi menggunakan fitur filter ini, menjadi lebih mudah bagi konsumen untuk mengenal motif pakaian Batik Kebon Indah, dengan hasil presentase kelayakan sebesar 84,7%. Hasil pengujian menggunakan smartphone berbasis Android (Redmi 9C) dan berbasis IOS (IPhone 7 Plus) menunjukkan bahwa filter dapat berjalan dengan baik (objek 3D dapat ditampilkan).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Instagram, Augmented Reality, Batik, 3D, Traditional.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Nov 2024 04:18
Last Modified: 22 Nov 2024 04:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item