PEMBUATAN PERMAINAN SIMULASI MANAJEMEN STRES MAHASISWA DENGAN UNITY3D BERBASIS ANDROID

Atallah, Ahmad Wafi (2023) PEMBUATAN PERMAINAN SIMULASI MANAJEMEN STRES MAHASISWA DENGAN UNITY3D BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0664.zip
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)

Abstract

Teknologi saat ini sudah sangat berkembang. Diantaranya adalah teknologi di bidang hiburan, khususnya permainan. Permainan tersebut dapat diciptakan dan dimainkan melalui sebuah komputer dalam bentuk digital. Salah satu genre dari permainan adalah permainan simulasi. Permainan simulasi berusaha untuk meniru berbagai aktivitas dari kehidupan nyata dalam bentuk permainan video. Pemilihan genre tersebut karena pengembang ingin membuat permainan yang mensimulasikan kehidupan mahasiswa. Dalam permainan tersebut pemain harus mengelola tingkat stress dari seorang mahasiswa dengan berbagai cara yang disediakan agar dapat menyelesaikan objektif yang sudah ditentukan. Permainan ini akan dibuat dan dikembangkan dengan mengggunakan software Unity3D. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan Android sebagai sistem operasi smartphonenya. Menurut data dari Statcounter Global Stat, sebanyak 89.77% pengguna smartphone di Indonesia menggunakan Android sebagai sistem operasinya (StatCounter, 2022). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat permainan simulasi manajemen stres mahasiswa yang dapat dimainkan pada smartphone dengan sistem operasi Android. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah GDLC (Game Development Life Cycle) yang merupakan sebuah metode pengembangan game dimana terdapat beberapa tahapan. Tahapan tersebut diantaranya adalah inisiasi, daur produksi, pengujian, dan perilisan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Failza, M. Fairul
Uncontrolled Keywords: Permainan, Simulasi, Stres, Unity, Android.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:46
Last Modified: 22 Nov 2024 02:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28297

Actions (login required)

View Item View Item