Atallah, Ahmad Wafi (2023) PEMBUATAN PERMAINAN SIMULASI MANAJEMEN STRES MAHASISWA DENGAN UNITY3D BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0664.zip Restricted to Repository staff only Download (29MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
Abstract
Teknologi saat ini sudah sangat berkembang. Diantaranya adalah teknologi di bidang hiburan, khususnya permainan. Permainan tersebut dapat diciptakan dan dimainkan melalui sebuah komputer dalam bentuk digital. Salah satu genre dari permainan adalah permainan simulasi. Permainan simulasi berusaha untuk meniru berbagai aktivitas dari kehidupan nyata dalam bentuk permainan video. Pemilihan genre tersebut karena pengembang ingin membuat permainan yang mensimulasikan kehidupan mahasiswa. Dalam permainan tersebut pemain harus mengelola tingkat stress dari seorang mahasiswa dengan berbagai cara yang disediakan agar dapat menyelesaikan objektif yang sudah ditentukan. Permainan ini akan dibuat dan dikembangkan dengan mengggunakan software Unity3D. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan Android sebagai sistem operasi smartphonenya. Menurut data dari Statcounter Global Stat, sebanyak 89.77% pengguna smartphone di Indonesia menggunakan Android sebagai sistem operasinya (StatCounter, 2022). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat permainan simulasi manajemen stres mahasiswa yang dapat dimainkan pada smartphone dengan sistem operasi Android. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah GDLC (Game Development Life Cycle) yang merupakan sebuah metode pengembangan game dimana terdapat beberapa tahapan. Tahapan tersebut diantaranya adalah inisiasi, daur produksi, pengujian, dan perilisan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan, Simulasi, Stres, Unity, Android. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 02:46 | ||
Last Modified: | 22 Nov 2024 02:46 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |