PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BANGUN RUANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SDN BULUSARI 02 MENGGUNAKAN METODE MDLC

Rofiudin, Nur Khakim (2024) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BANGUN RUANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SDN BULUSARI 02 MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (913kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1660.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)

Abstract

Pada pendidikan siswa/i SDN Bulusari 02, ada pokok pendidikan bangun ruang, kompetensi yang wajib dipunyai siswa ialah membentuk bermacam bangun ruang untuk menghitung volume serta menciptakan luas permukaan. Proses pendidikan dicoba memakai media buku, papan tulis serta perlengkapan peraga berupa balok, bundaran kerucut serta lain-lain. Bersamaan dengan pertumbuhan teknologi, pendidikan bisa dibantu dengan pemakaian aplikasi media pendidikan yang interaktif serta menarik atensi siswa. Oleh sebab itu butuh terdapatnya aplikasi yang bisa mengenalkan objek bangun ruang serta jaring-jaring bangun ruang dengan uraian secara digitalisasi. Aplikasi pendidikan bangun ruang ini dibentuk dengan memakai metode Multimedia Development Life cycle (MDLC) yang terdiri dari sesi concept, design, material collecting, assembling, testing serta distribution. Pemodelan sistem memakai Unified Modeling Language (UML), flowchart view, struktur navigasi, storyboard serta interface. Pembuatan aplikasi media pendidikan bangun ruang memakai teknologi augmented reality, serta aplikasi pendukung semacam unity, blender, vuforia, Adobe Illustrator, dan pengujian aplikasi memakai pengujian black box testing. Fitur-fitur aplikasi terdiri dari scan marker, fitur suara, informasi serta exit. Aplikasi media pendidikan bangun ruang ini bisa menolong siswa belajar buat memahami bangun ruang serta menekuni wujud jaring-jaring, sudut, rusuk serta pula bisa menghitung volume serta luas permukaan bangun ruang dengan objek bangun ruang 3D lewat media smartphone.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Bangun Ruang, Augmented Reality, MDLC, UML, Unity
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:10
Last Modified: 22 Nov 2024 02:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28291

Actions (login required)

View Item View Item