{SKEMA INTERNSHIP} STRATEGI KAMERAMEN PADA PROSES PRODUKSI PROGRAM TALKSHOW IMAJI EDISI BINCANG INSPIRATIF DI JOGJA ISTIMEWA TELEVISI

Varkhati, Syalu (2023) {SKEMA INTERNSHIP} STRATEGI KAMERAMEN PADA PROSES PRODUKSI PROGRAM TALKSHOW IMAJI EDISI BINCANG INSPIRATIF DI JOGJA ISTIMEWA TELEVISI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu media massa yang efektif dalam menyampaikan informasi, karena mencakup komponen audio dan visual. Jogja Istimewa Televisi (JITV) merupakan salah satu stasiun televisi lokal Yogyakarta yang berdiri dibawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Yogyakarta. JITV memiliki program acara talkshow IMAJI edisi Bincang Inspiratif yang membahas seputar kisah inspiratif tokoh masyarakat Jogja seperti UMKM Jogja, penggerak komunitas sosial, dan pelaku sosial budaya lainnya. Untuk menghasilkan tayangan yang menarik dibutuhkan kerja sama antar anggota, termasuk kameramen. Penelitian ini membahas bagaimana strategi kameramen dalam proses produksi talkshow IMAJI edisi Bincang Inspiratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi kameramen dalam pengambilan gambar acara talkshow IMAJI edisi Bincang Inspiratif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa tahap strategi untuk menghasilkan pengambilan gambar yang optimal, yaitu pra-produksi, produksi, dan pascaproduksi. Ketiga aspek ini berperan penting dalam mendukung kameramen menciptakan framing kamera dengan memperhatikan aspek sinematografi untuk menghasilkan visual yang menarik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: JITV, IMAJI, Strategi Kameramen, Talkshow, Program Televisi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2024 07:29
Last Modified: 21 Nov 2024 07:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28279

Actions (login required)

View Item View Item