PERANCANGAN UI/UX DAN FRONT END WEBSITE “SIKEREN” SEBAGAI SARANA RAPAT PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDYKASUS: DPRD KOTAPALANGKARAYA)

Shabirah, Zalzabila Kartika (2024) PERANCANGAN UI/UX DAN FRONT END WEBSITE “SIKEREN” SEBAGAI SARANA RAPAT PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDYKASUS: DPRD KOTAPALANGKARAYA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1495.zip
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Dalam lembaga pemerintahan DPRD, perbedaan cara berpikir diantara anggotanya seringkali memerlukan musyawarah melalui rapat. Namun, seiring berjalannya waktu, notulen rapat yang dilakukan terbilang masih menghambat pelayanan di Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya. Kemudian, terdapat kekhawatiran mengenai desain visual dan pengalaman pengguna yang dianggap ketinggalan zaman dan masih menggunakan aplikasi desktop. Maka dari itu, aspek dalam penelitian ini berfokus pada perancangan antarmuka pengguna UI/UX dan pengembangan website Front End pada Aplikasi Kegiatan Rapat berbasis Elektronik Notula (SI KEREN). Hal ini menjadi fokus DPRD Kota Palangka Raya dalam upaya meningkatkan strategi dalam meningkatkan proses penulisan notulen rapat. Penelitian ini menerapkan metodologi dengan memanfaatkan konsep Design Thinking sebagai landasan pendekatannya untuk memberikan solusi yang konkret terhadap permasalahan yang ada berdasarkan pada informasi dan umpan balik yang didapatkan dari para pemakai aplikasi. Proses penelitian ini mencakup Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Kesimpulan akhir dari penelitian ini menghasilkan sebuah tampilan Front End menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, dan Javascript serta menggunakan framework Flowbite. Berdasarkan hasil pengujian Prototype yang dilakukan kepada 30 responden dengan uji coba yang dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memperoleh skor dengan nilai rerata sebesar 79 dan dikategorikan sebagai Acceptable dengan grade B Excellent. Penelitian diharapkan mampu memberikan rekomendasi rancangan antarmuka pengguna (UI/UX) dan pengembangan website Front End yang paling tepat dan selaras dengan kebutuhan dari para pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pujastuti, Eli
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, UI/UX, Aplikasi Kegiatan Rapat, SUS
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:46
Last Modified: 21 Nov 2024 04:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28272

Actions (login required)

View Item View Item