Jamaluddin, Fayzan Muhammad (2024) STRATEGI PENYIARAN RADIO MQFM JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR DI ERA DIGITAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (857kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
Abstract
Di era digital seperti saat ini, perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi media masyarakat Indonesia menjadi cenderung meninggalkan media konvensional seperti televisi dan radio, hal ini terlihat dari menurunnya angka penonton televisi dan pendengar radio dalam beberapa waktu terakhir. Untuk tetap bersaing, industri media perlu mengembangkan strategi yang sesuai dan beradaptasi dengan perubahan tersebut. Radio MQFM Jogja telah menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi tantangan ini dengan melakukan strategi-strateginya. Hal ini terbukti dari stabilnya jumlah pendengar mereka, bahkan mengalami peningkatan dalam waktu terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyiaran radio MQFM Jogja dalam mempertahankan pendengar di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denga metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh radio MQFM Jogja sesuai dengan teori Susan Tyler Eastman mengenai strategi penyiaran yaitu strategi kesesuaian (compatbility) dengan melakukan riset untuk mengetahui karakteristik pendengar dan menetapkan konsep psychologist time untuk menyesuaikan waktu program dengan karakteristik pendengar, strategi pembentukan kebiasaan (habit formation) dengan melakukan promosi sebagai pengingat,konsistensi penjadwalan dengan tema yang berformat sequel dan memperhatikan kualitas serta inovasi dari suatu program, strategi pengontrolan arus pendengar (control of audience flow) dengan membuat program yang memiliki tema dan karakteristik yang dekat dengan pendengar namun unik dan tetap memperhatikan kualitas teknis, strategi penyimpanan sumber-sumber program (conservation of program resources) dengan menyimpan data rekaman dari setiap program on air dalam bentuk digital file, dan dapat diakses melalui YouTube MQFM Jogja, serta penggunaan kembali materi yang ada untuk dijadikan konten social media atau insert audio, dan strategi data penarik massa (mass appeal) dengan melakukan promosi secara on air dan online serta melalui networking dengan komunitas-komunitas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Strategi Penyiaran Radio MQFM Jogja, Mempertahankan Pendengar, Era Digital | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:15 | ||
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28234 |
Actions (login required)
View Item |