Amin, Muhammad Syuron (2024) REPRENTASI PESAN MORAL DALAM IKLAN #JALANIN BARENG HONDA VERSI BERJUANG UNTUK YANG TERSAYANG (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (483kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pesan moral yang disampaikan dalam iklan Honda versi “Berjuang untuk yang Tersayang” menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode penelitian kualitatif dipilih untuk mendeskripsikan makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terkandung dalam iklan tersebut. Iklan ini merepresentasikan masalah sosial yang relevan dalam tantangan dalam kehidupan keluarga. Temuan penelitian menunjukkan bahwa makna denotatif iklan adalah penggambaran seorang suami yang dipecat dari pekerjaannya, sementara makna konotatifnya mengungkapkan dinamika emosional dalam hubungan suami-istri, termasuk dukungan emosional yang diberikan oleh hewan peliharaan. Mitos yang terkandung dalam iklan ini menekankan pada pentingnya tindakan kecil yang penuh kasih dalam mempererat ikatan keluarga. Pesan moral utama dari iklan ini adalah tentang keteguhan, empati, dan pemaafan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Iklan ini memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersamaan dan sikap pemaaf dalam memperkuat hubungan keluarga di tengah situasi yang sulit.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pesan Moral, Iklan, Keluarga | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:26 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28176 |
Actions (login required)
View Item |